Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Wanita Filipina di Piala Dunia Wanita 2023. (Instagram/pilipinaswnt)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Timnas Wanita Filipina yang baru saja mencetak sejarah saat berpartisipasi di Piala Dunia Wanita 2023 di Australia-Selandia Baru.

Timnas Wanita Filipina belum lama ini membuat geger kancah sepak bola wanita usai berhasil meraih kemenangan di Piala Dunia Wanita 2023, Selasa (25/7).

Kemenangan itu didapat kala tim berjuluk The Malditas itu mengalahkan salah satu tuan rumah yakni Selandia Baru dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan grup A.

Baca Juga:
Usai Pamer Promosi ke Tim Utama Wolves, Justin Hubner Cuma Jadi Penonton

Kemenangan tersebut diraih Timnas Wanita Filipina berkat gol tunggal dari penyerangnya, yakni Sarina Bolden di menit ke-24.

Berkat hasil tersebut, Filipina mampu mencetak sejarah yakni meraih kemenangan pertama di kompetisi tertinggi dalam sepak bola wanita.

Hebatnya, kemenangan itu didapat dari salah satu kandidat juara, yakni Selandia Baru, yang di laga sebelumnya mampu menaklukan Norwegia.

Baca Juga:
Pemain Persita Tangerang Blak-blakan Ingin Bela Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Tertarik?

Berkat kemenangan ini, Filipina pun berpotensi mencetak sejarah lagi dengan lolos ke babak 16 besar, andai di laga terakhir grup A bisa mengalahkan Norwegia dan Selandia Baru imbang atau tumbang dari Swiss.

Kehebatan Timnas Wanita Filipina ini pun menjadi perbincangan. Bolatimes.com pun akan mencoba mengupas sepak terjang dari tim berjuluk The Malditas tersebut.

Potret pemain Timnas Wanita Filipina di Piala Dunia Wanita 2023. (Instagram/pilipinaswnt)

Banyak Diisi Pemain Asing

Baca Juga:
Persib Bandung Tunjuk Bojan Hodak Jadi Pelatih Baru, Netizen: Sungguh Di Luar Nurul

Timnas Wanita Filipina sendiri sudah berdiri sejak tahun 1980 silam, tepatnya setelah dibentuknya PLFA atau Asosiasi Sepak Bola Wanita Filipina oleh Cristina Ramos-Jalasco.

Cristina Ramos sendiri merupakan pesepak bola wanita legendaris Filipina yang juga menjabat sebagai Presiden PFLA saat berdiri pada 1980.

Usai terbentuk, Timnas Wanita Filipina langsung berpartisipasi di ajang sepak bola wanita yakni Asian Women Championship pada 1983 di Thailand.

Baca Juga:
Profil Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung Pengganti Luis Milla

Dalam perjalanannya, PLFA ingin mengikuti kompetisi-kompetisi wanita resmi di bawah naungan FIFA, sehingga asosiasi itu kemudian melebur ke Federasi Sepak Bola Filipina atau PFF.

Setelah melebur menjadi bagian PFF, Timnas Wanita Filipina kemudian bermain di SEA Games 1985 yang menandai lahirnya sepak bola wanita di ajang multi-event di Asia Tenggara itu.

Dalam perjalanannya, Timnas Wanita Filipina berpartisipasi di segala ajang-ajang internasional, entah itu kawasan Asia Tenggara, Asia, hingga dunia.

Di Asia Tenggara, Timnas Wanita Filipina mampu menjuarai Piala AFF Wanita pada 2022 lalu. Bahkan, The Malditas mampu rutin tampil di Piala Asia Wanita sejak 1981 hingga 2022 lalu.

Sedangkan Piala Dunia Wanita 2023 menjadi Piala Dunia pertama bagi Timnas Wanita Filipina, setelah berusaha tampil di ajang tersebut sejak 1995.

Soal prestasi, selain juara Piala AFF Wanita 2022, Timnas Wanita Filipina pernah menjuarai turnamen minor seperti Kejuaraan Wanita PFF pada 2001 dan LA Vikings Cup pada 2012 di Amerika Serikat.

Kehebatan Filipina di kancah sepak bola wanita saat ini tak lepas dari banyaknya pemain asing di dalamnya. Sebagai informasi, mereka banyak merekrut pemain keturunan dan menggunakan aturan Dwi Kewarganegaraan.

Berikut daftar pemain Timnas Wanita Filipina yang dipanggil untuk bermain di ajang Piala Dunia Wanita 2023.

Kiper:

- Olivia McDaniel
- Kaiya Jota
- Kiara Fontanilla

Bek:

- Malea Cesar
- Jessika Cowart
- Hali Long
- Angela Beard
- Sofia Harrison
- Alicia Baker
- Dominique Randle
- Reina Bonta

Gelandang:

- Jaclyn Sawicki
- Tahnai Annis
- Sara Eggesvik
- Anicka Castaneda
- Ryley Bugay
- Meryll Serrano
- Quinley Quezada

Penyerang

- Sarina Bolden
- Isabella Flanigan
- Chandler McDaniel
- Carleigh Frilles
- Katrina Guillou

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More