Husna Rahmayunita
Pesepak bola Timnas Indonesia U-17 mengikuti sesi latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.

Bolatimes.com - Sebanyak tujuh pemain dicoret dari Timnas Indonesia U-17 setelah gagal bersaing di seleksi jelang Piala Dunia U-17 2023. Para pemain tersebut terdiri dari tiga pemain lokal dan empat penggawa abroad.

Tiga pemain lokal yang dipulangkan adalah Muhammad Afazriel (PSS Sleman), Dimas Arya (Persipasi Kota Bekasi), dan Muhamad Gaoshirowi (Persib Bandung).

Sementara itu, empat pemain abroad yang tersingkir yakni Madrid Augusta, (AFC'34 Alkmaar), Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht), Staffan Qabiel (Academy Sant Cuggat) dan Aaron Nathan Ang (Youth FC Nottingen).

Baca Juga:
Ada Madura United, Berikut 5 Klub dengan Skuat Termurah di BRI Liga 1 2023/2024

Mereka sempat mengikuti pemusatan seleksi Timnas U-17 yang digelar di Jakarta pada 9 Juli-28 Agustus.

"Ada tujuh nama yang dipulangkan coach Bima kemarin setelah internal game. Ada empat diaspora yang dipulangkan," kata pelatih Indra ketika ikut memantau seleksi timnas U-17 kota Jakarta bertempat di Persija Training Ground, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023) seperti dikutip dari Antara.

Sebagai gantinya, kata Indra, pihaknya telah memanggil tujuh pemain baru untuk menggantikan tujuh pemain yang dipulangkan yang diambil dari 17 nama pemain yang terpilih seleksi dari 12 kota.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Menang Tipis, Persita Tangerang Taklukkan Persija Jakarta 1-0

Dalam kesempatan yang sama, Indra juga menyampaikan bahwa nantinya pemain-pemain yang lolos seleksi dari 12 kota tapi gagal menembus skuad final untuk Piala Dunia U-17 akan direkomendasikan ke klub-klub Tanah Air yang mempunyai tim kelompok umur di Elite Pro Academy (EPA).

"Lebih baik kita salurkan ke klub-klub Liga 1 yang di sana akademi-akademinya wajib membina para pemain U-14, U-16, U-18, U-20," sambung Indra.

Lebih lanjut, Indra menilai opsi itu merupakan sesuatu yang positif agar bakat para bibit-bibit muda tidak hilang dan terus berkembang di tempat yang tepat.

Baca Juga:
5 Kemenangan Terbesar dalam Sejarah Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat Hajar Thailand 13-0

"Kalau dia kembali ke daerah kita takut nanti pembinaan di daerah kurang baik," pungkas Indra Sjafri.

Setelah tujuh nama dicoret, kekinian dari 34 nama tinggal 26 pemain yang berada di TC seleksi. Termasuk, satu pemain diaspora Aaron Liam Suitela dari Bulleen Lions FC.

Aaron menjadi satu-satunya pemain abroad yang masih tersisa setelah empat rekannya dicoret. Sedangkan pemain Sao Paul, Welber Jardim belum merapat ke seleksi lantaran masih ada agenda dengan klubnya.

Baca Juga:
Fakta Menarik Piala Dunia Wanita 2023, Ada Dua Wakil dari Asia Tenggara

Load More