Rauhanda Riyantama
Madura United usai mengalahkan Persik Kediri. (Instagram/@maduraunited.fc)

Bolatimes.com - Seiring penutupan bursa transfer BRI Liga 1 2023 pada Kamis (20/7/2023) malam WIB, sederet tim dengan banderol terbilang murah turut mewarnai jalannya kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Persib Bandung menjadi tim termahal di Liga 1 2023 musim ini, klub asal Jawa Barat ini memiliki total harga mencapai Rp103 miliar.

Dari skuad termahal ini ada pula pemain termahal yang dimiliki Maung Banding, dialah Mack Klok dengan nilai pasaran mencapai Rp8,26 miliar.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Menang Tipis, Persita Tangerang Taklukkan Persija Jakarta 1-0

Sementara itu pemain asing termahal Persib masih dipegang bek asal Belanda, Nick Kuipers yang memiliki banderol sekitar Rp6,95 miliar.

Lantas tim mana saja yang jadi skuad termurah di Liga 1 2023? berikut ini di antaranya beberapa klub tersebut.

1. Madura United

Baca Juga:
Kejutan 4 Pemain Diaspora Dicoret dari TC Timnas Indonesia U-17, Siapa Saja?

Laskar Sape Kerrap memiliki banderol skuad mencapai Rp60,01 miliar, hal ini cukup layak dimaklumi karena tak banyak bintang bertabur di klub ini.

Madura United kebanyakan memakai pemain senior, dengan rata-rata umur sudah mencapai 27,5 tahun setiap pemainnya.

Hanya Hugo Gomes yang menjadi pemain termahal dengan nominal Rp6,95 miliar, sementara pemain lokal termahal jadi milik Koko Ari dengan nominal Rp3,91 miliar.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Pamer Potret Nyentrik, Disebut Mirip Bintang Korea Oleh Rekannya di Jeonnam Dragons

2. Barito Putera

Sempat menjadi pemuncak klasemen sementara, Barito Putera ternyata memiliki skuad tak cukup mahal dengan para pemain yang dimiliki.

Klub berjuluk Laskar Antasari ini memiliki harga pasar sekitaran Rp61,70 miliar, Renan Silva menjadi pemain termahal klub ini dengan Rp5,21 miliar.

Baca Juga:
Debut Manis, Momen Lionel Messi Cetak Gol Cantik untuk Kemenangan Inter Miami

Kemudian Makan Konate dengan harga pasaran mencapai Rp3,91 miliar dengan status pemain baru yang didatangkan dari RANS Nusantara FC.

3. Persita Tangerang

Laskar Pendekar Cisadane tampil impresif di awal kompetisi, dengan skuad seharga Rp50,67 miliar mampu menunjukkan kualitas terbaik.

Tim ini tak tak banyak melakukan aktivitas transfer, Persita hanya mempertahankan wajah-wajah lama termasuk Ramiro Fergonzie, Sing Young Bae dan Javlon Guseynov.

Pemain termahal Persita dipegang Javlon dengan nominal Rp5,65 miliar, sementara Muhammad Toha jadi pemain lokal termahal dengan Rp3,48 miliar.

4. RANS Nusantara FC

Dimiliki oleh seorang Raffi Ahmad, RANS Nusantara FC ternyata hanya memiliki nilai pasaran Rp45,80 miliar saja.

Menatap musim 2023/2024, tim ini tak banyak mendatangkan pemain bintang dengan banderol besar, hanya Angelo dengan Rp3,48 miliar.

Bahkan tak cuma Angelo saja yang memiliki nilai pasaran demikian, tiga pemain lain RANS Nusantara FC juga sama.

Di antaranya Mitsuru Maruoka, Kenshiro Daniels dan satu pemain lokal Indonesia, Arief Satria

5. Persikabo 1973

Tim ini jauh dari kata mewah, Laskar Padjajaran menjadi tim termurah di Liga 1 2023/2024 dengan total nominal Rp49,54 miliar.

Dimas Drajad menjadi pemain termahal klub ini dengan banderol pasaran mencapai Rp3,91 miliar, di bawahnya barulah sederet pemaing asing.

Kontributor: Eko
Load More