Rauhanda Riyantama
Elias Dolah membela Bali United. (Instagram/@eliasdolah4)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain andalan tim-tim nasional dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang kini berkarier di BRI Liga 1 2023/2024.

Bukan rahasia lagi jika klub-klub kasta teratas Indonesia atau Liga 1 di musim 2023/2024 ini banyak mendatangkan pemain asing Asia Tenggara atau ASEAN.

Banyaknya pemain asing ASEAN yang datang ke Tanah Air tak lepas dari hadirnya aturan 5+1 yang dicanangkan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Baca Juga:
Kejutan 4 Pemain Diaspora Dicoret dari TC Timnas Indonesia U-17, Siapa Saja?

Aturan 5+1 ini merupakan aturan di mana masing-masing klub Liga 1 boleh mendatangkan total enam pemain asing dengan rincian lima pemain asing bebas dan satu pemain asing ASEAN.

Tak ayal sejak aturan ini diberlakukan, klub Liga 1 pun berbondong-bondong memanfaatkan kuota pemain asingnya dengan mendatangkan pemain asing ASEAN.

Pemain asing ASEAN yang didatangkan klub-klub Liga 1 pun bukanlah pemain sembarang. Hampir sebagian besar memilih mendatangkan pemain asing ASEAN yang jadi andalan tim nasional negaranya.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Pamer Potret Nyentrik, Disebut Mirip Bintang Korea Oleh Rekannya di Jeonnam Dragons

Lantas, siapa saja pemain asing ASEAN yang jadi andalan tim nasional negaranya dan kini berkarier di BRI Liga 1 2023/2024? Berikut daftarnya.

1. Elias Dolah (Thailand)

Secara peringkat, Thailand berada di atas Indonesia, baik tim nasional dan kompetisinya. Tapi hal tersebut tak membuat Elias Dolah ragu untuk bergabung Bali United.

Baca Juga:
Debut Manis, Momen Lionel Messi Cetak Gol Cantik untuk Kemenangan Inter Miami

Pemain kelahiran Swedia ini datang ke Bali United dengan status sebagai salah satu pemain andalan Timnas Thailand. Ia tercatat telah membela Gajah Perang sejak 2019 silam.

2. Win Naing Tun (Myanmar)

Kompetisi Liga 1 2023/2024 sempat dikejutkan dengan transfer Borneo FC yang memanfaatkan slot pemain asing ASEAN-nya untuk mendatangkan bintang milik Timnas Myanmar, Win Naing Tun.

Baca Juga:
Bukan Jordi Amat atau Saddil Ramdani, Media Malaysia Puji Pemain Indonesia yang Tak Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas

Pemain berusia 23 tahun itu merupakan andalan Timnas Myanmar sejak level kelompok umur. Kiprahnya bersama Asian Lions itu yang membuat Borneo FC mendatangkannya.

3.  Paulo Gali Freitas (Timor Leste)

Tak hanya Borneo FC saja, ada pula PSIS Semarang yang berani memenuhi slot ASEAN-nya dengan mendatangkan pemain dari negara yang levelnya lebih rendah dari Indonesia, yakni Paulo Gali Freitas dari Timor Leste.

Meski berasal dari negara yang levelnya rendah, Gali Freitas mampu menunjukkan talentanya di Liga 1 sejauh ini bersama tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu.

4. Jacob Mahler (Singapura)

Gerbong Timnas Singapura berkarier di Indonesia sudah terjadi sejak era 2000 an. Kini di Liga 1 2023/2024, tradisi itu berlanjut saat Jakob Mahler bergabung Madura United.

 Bek berusia 23 tahun itu datang ke Liga 1 2023/2024 dengan status mentereng yakni sebagai andalan Timnas Singapura sejak debutnya pada 2018 lalu.

5. Oliver Bias (Filipina)

Dari sekian banyak pemain Filipina di Liga 1 2023/2024 ini, nama Oliver Bias menjadi perhatian karena bergabung dengan Persija Jakarta.

Oliver Bias sudah menjadi andalan Timnas Filipina sejak 2021 lalu. Ia punya CV mentereng karena pernah membela Timnas Jerman kelompok umur dan juga membela RB Leipzig.

6. Junior Eldstal (Malaysia)

Dewa United juga tak ketinggalan memanfaatkan kuota pemain asing ASEAN-nya dengan mendatangkan palang pintu tangguh dari Malaysia, yakni Junior Eldstal.

Pemain pinjaman dari Johor Darul Ta’zim ini tercatat sudah menjadi andalan Harimau Malaya sejak 2014 silam dengan total 17 caps.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More