Rauhanda Riyantama
Rafli Mursalim gabug Nagaworld FC. (Instagram.@nagaworld.fc)

Bolatimes.com - Tercatat ada dua pemain alumni kasta kedua sepak bola Indonesia atau Liga 2 yang kini melanjutkan kariernya di luar negeri atau Abroad. Siapa saja?

Bursa transfer sepak bola Indonesia tak hanya berlaku bagi klub-klub Liga 1 saja. Klub-klub Liga 2 pun belakangan juga sudah bergerak di pasar pemain jelang bergulirnya kompetisi.

Liga 2 sendiri kabarnya akan digulirkan dalam waktu dekat, yakni pada September 2023. Sehingga, setiap klub peserta mulai merombak timnya untuk menyongsong musim baru.

Baca Juga:
Gabung Nagaworld FC, Eks Striker Timnas Indonesia U-19 Disambut Pemain Kamboja

Adanya aturan pemain asing diperbolehkan tampil di Liga 2 juga membuat banyak klub-klub kasta kedua Indonesia berbondong-bondong mencari legiun asing.

Hal tersebut pun berimbas pada bakat-bakat lokal yang kemudian harus bersaing dengan pemain asing atau hijrah demi menit bermain.

Siapa sangka, para pemain lokal yang berada di kasta kedua Indonesia ini ternyata diam-diam mampu menarik atensi klub-klub luar negeri.

Baca Juga:
Ayah Welber Jardim Bongkar Alasan Anaknya Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-17, Sebut PSSI Menghilang Tanpa Kabar

Karenanya, ketertarikan dari klub-klub luar negeri ini membuat pemain-pemain Liga 2 pun memutuskan hijrah dari Indonesia dan Abroad.

Saat ini, tercatat ada dua pemain alumni Liga 2 yang dipinang oleh klub-klub luar negeri. Siapa saja para pemain jebolan kasta kedua Indonesia itu? Berikut daftarnya.

1. Natanael Siringoringo (Kelantan FC)

Baca Juga:
Karakter Cocok, 3 Pemain Persib Bandung yang Bakal Menggila jika Dilatih Park Hang-seo

Natanael Siringoringo merupakan salah satu pemain Indonesia yang banyak berkarier di luar negeri ketimbang di tanah kelahirannya sendiri.

Siapa sangka, ia mampu berkarier di luar negeri saat dirinya bermain di Liga 2, yakni kala membela Sulut United pada 2020 lalu.

Pada 2021, Natanael menarik atensi tim Liga Super Malaysia, Kelantan FC. Namanya pun kemudian jadi perbincangan dan sempat dibawa pulang oleh Dewa United untuk Liga 1 2022/2023.

Baca Juga:
Bersaing dengan Pemain Abroad di TC Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka Beri Reaksi Berkelas

Tapi setelah membela Dewa United di Liga 1 2022/2023, pemain berusia 23 tahun itu kembali ke Kelantan FC dan kini menjadi bagian utama dari tim Malaysia tersebut.

2. Rafli Mursalim (Nagaworld FC)

Terbaru, jagat sepak bola Indonesia dikejutkan dengan transfer Rafli Mursalim ke tim kasta teratas Liga Kamboja, yakni Nagaworld FC.

Pemain berusia 24 tahun itu diboyong oleh Nagaworld FC dari tim Liga 2, yakni Gresik United. Kepindahan ini pun terbilang mengejutkan.

Sebab, nama Rafli Mursalim sempat meredup meski tercatat pernah menjadi bagian Mitra Kukar, Persija Jakarta, Dewa United, Sulut United, hingga PSG Pati.

Banyak yang meyakini kepindahan ini menjadi kesempatan bagi eks penyerang Timnas Indonesia U-19 itu untuk menemukan kembali ketajamannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More