Rauhanda Riyantama
Rafli Mursalim gabug Nagaworld FC. (Instagram/@nagaworld.fc)

Bolatimes.com - Mantan penyerang Timnas Indonesia U-19, Muhammad Rafli Mursalim, resmi berkarier di Liga Kamboja usai dikontrak oleh Nagaworld FC.

Kamboja sendiri bukan destinasi favorit pemai-pemain Indonesia yang memutuskan berkarier di Asia Tenggara. Biasanya, Liga Malaysia dan Liga Thailand jadi tujuan favorit.

Keputusan Rafli Mursalim untuk merantau ke Kamboja sendiri tentu didasari banyak hal. Salah satunya adalah kesempatan bermain lebih banyak.

Baca Juga:
4 Rekor Istimewa Marko Simic Bersama Persija Jakarta, Layak Dicap Legenda

Pasalnya, Rafli cukup kesulitan bersaing saat bermain di negara sendiri. Ia sempat menjadi bagian Persija Jakarta selama periode 2020-2022.

Namun, pada periode tersebut Rafli, lebih sering dipinjamkan ke klub lain, mulai dari Sulut United, Dewa United, sampai PSG Pati.

Tahun lalu, striker kelahiran Tangerang itu memutuskan hengkang permanen dari ibu kota dan bergabung dengan klub Liga 2, Gresik United.

Baca Juga:
Gabung Nagaworld FC, Eks Striker Timnas Indonesia U-19 Disambut Pemain Kamboja

Di Gresik United, Rafli cuma bermain tiga kali dan mencetak satu gol sebelum Liga 2 dihentikan akibat Tragedi Kanjuruhan. Kini ia mencoba peruntungan di Liga Kamboja.

Menariknya, meski bukan tujuan favorit, Rafli bukan pemain Indonesia pertama yang berkarier di Liga Kamboja.

Tepatnya lima tahun lalu atau pada musim 2018, tiga pemain Indonesia bergabung dengan klub Kamboja, Western Phnom Penh FC.

Baca Juga:
Ayah Welber Jardim Bongkar Alasan Anaknya Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-17, Sebut PSSI Menghilang Tanpa Kabar

Ketiga pemain Indonesia tersebut adalah Tenius Trukna, Faisal Rizal Samberbori, dan Yuspen Uopdana. 

Dari ketiga nama tersebut, Faisal Rizal Samberbori terbilang nama yang cukup familiar. Pasalnya, ia sempat membela beberapa klub besar Indonesia seperti Mitra Kukar.

Sayang pada musim perdana mereka bermain di Liga Kamboja, ketiga pemain Indonesia itu harus merasakan pahitnya terdegradasi.

Baca Juga:
Profil Keisuke Goto, Rival Pratama Arhan di J2 League yang Diincar Chelsea

Dari 20 pertandingan Liga Kamboja 2018, Western Phnom Penh sama sekali tidak meraih kemenangan dengan catatan 21 kali kalah dan sekali imbang.

Setelah periode tiga pemain Indonesia yang merumput di Liga Kamboja, baru lima tahun berselang ada pemain Indonesia lagi yang bergabung ke klub Kamboja yaitu Rafli Mursalim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More