Husna Rahmayunita
Cheoungju FC. (Instagram/@cfc_2023)

Bolatimes.com - Klub kasta kedua Liga Korea Selatan atau K League 2, Cheongju FC resmi melepas pemain Timnas Malaysia, Kogileswaran Raj.

Sebelumnya, Kogileswaran Raj direkrut Cheongju FC pada Januari 2023 lalu. Ia menjadi pemain ASEAN yang berkarier di K League 2 bersama Asnawi Mangkualam serta bintang Vietnam Nguyen Van Toan.

Akan tetapi, nasib pemain yang akrab disapa Kogi ini ternyata tidak bisa bertahan lama di Negeri Ginseng. Pasalnya, baru sekitar enam bulan, pemain Harimau Malaya itu sudah terdepak dari tim.

Baca Juga:
Profil Shandong Taishan FC, Klub Raksasa Liga China yang Tebus Matheus Pato dari Borneo FC

Menurut laporan, kontrak Kogileswaran ini sudah berakhir pada 3 Juli 2023 dan Cheongju FC tidak berniat untuk memperpanjangnya. Alasannya pemain berusia 24 tahun itu gagal bersaing di tim utama.

Setelah memutuskan untuk angkat kaki dari klub asal Korea Selatan tersebut, Kogileswaran Raj dikabarkan pulang ke Malaysia untuk melanjutkan kariernya. Ia dirumorkan bakal bergabung dengan Penang FC.

"Pemain yang bermain di posisi depan akan kembali ke Malaysia dan bergabung di tim yang berbasis di utara negara untuk sisa Liga Super Malaysia," tulis lapran hmetro.com.my disadur Rabu (19/7/2023).

Baca Juga:
Bima Sakti Tambah 2 Pemain Diaspora untuk Seleksi Timnas Indonesia U-17, Ada Jebolan Timnas Inggris U-17

Profil Cheongju FC

Sebagai informasi, Cheongju FC, atau yang juga dikenal sebagai Chungbuk Cheongju FC, merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Kota Cheongju. Saat ini, klub ini berkompetisi di kasta kedua alias K League 2.

Usia klub ini memang belum begitu tua. Sebab, Cheongju FC dibentuk pada tahun 2002 dan saat ini baru berusia 21 tahun, Klub ini menggunakan Cheongju Sports Complex yang berkapasitas 16 ribu penonton sebagai markasnya.

Baca Juga:
Profil B. Sathianathan, Eks Pelatih Timnas Malaysia yang Meninggal Dunia

Musim ini memang menjadi catatan yang luar biasa bagi Cheongju FC. Sebab, sejak tahun 2009, mereka hanya bisa berpartisipasi di K3 League alias kompetisi kasta ketiga yang sifatnya amatir di Negeri Ginseng.

Momen itu berlangsung selama bertahun-tahun hingga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di K League 3 pada musim 2023 ini.

Padahal, pada musim lalu, Cheongju FC sebetulnya mengakhiri persaingan di peringkat ke-14 klasemen akhir K3 League 2022. Mereka meraup 30 poin dari total 30 pertandingan.

Baca Juga:
Momen Asnawi Mangkualam Kolongin Pemain Ansan Greeners dan Nyaris Ciptakan Assist

Namun, Cheongju FC sukses mendapatkan tempat di kasta kedua Liga Korea Selatan bersama Cheonan City dan juga Changwon City yang berstatus sebagai juara K3 League 2022.

Sayangnya, musim ini Cheongju FC tak memberikan kesempatan berharga untuk Kogileswaran Raj. Padahal, pemain Timnas Malaysia itu berpotensi bersinar seperti Asnawi Mangkualam.

Kogileswaran dan Asnawi memang memiliki nasib yang jomplang. Sebab, Menurut catatan Transfermarkt, Kogi hanya mendapatkan satu kesempatan bermain di ketika membela Cheongju FC.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More