Rauhanda Riyantama
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, saat konferensi pers. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Legenda Persib Bandung, Luis Milla buka-bukaan soal penyebab Luis Milla hengkang di pekan awal BRI Liga 1 2023/2024. Menurutnya, salah satu penyebab adalah masalah komunikasi di dalam dan di luar tim.

Firman juga menyadari kualitas Luis Milla sebagai pelatih dan berpendapat bahwa manajemen harus memperhatikan pandangan dan permintaan Milla.

Firman Utina berpendapat bahwa keputusan Luis Milla untuk hengkang karena ada pertimbangan lain yang berkaitan dengan komunikasi dan pandangan yang berbeda dengan klub.

Baca Juga:
Ezra Walian Menyantap Nasi Sayur Rames saat Syukuran Rumah Beckham Putra, Ramai Dibahas Netizen

“Ya kalau melihat keputusan yang diambil oleh Coach Luis Milla, ini merupakan keputusan yang menurut saya bukan sepenuhnya karena dia menyerah," kata Firman Utina.

Firman mengatakan bahwa Luis Milla seharusnya diberi kesempatan lebih lama untuk membantu Persib Bandung bangkit, mengingat ia baru menangani tim selama 11 bulan.

“Tetapi, sekarang kita harus lihat dulu pelatih mempunyai level. Maka, pengurus harus mengikuti level yang dimiliki pelatih itu."

Baca Juga:
CEK FAKTA: Bukan Park Hang-seo, Teddy Tjahjono Tunjuk Dejan Antonic Tangani Persib Bandung

"Seperti dia ingin pemain dengan karakter tertentu. Pelatih punya pandangan sendiri. Ini yang saya belum tahu, ada apa dengan Persib sekarang."

Firman Utina menyadari tekanan tinggi yang dihadapi oleh klub-klub di Liga 1, terutama jika belum meraih hasil positif secara beruntun.

Ia berpendapat bahwa mungkin Luis Milla belum terbiasa dengan situasi tekanan tersebut dan memilih untuk meninggalkan Persib Bandung daripada mengambil risiko.

Baca Juga:
Profil Rottach Egern, Tim Antah-berantah yang Dibantai Bayern Munchen 27-0

Firman menegaskan bahwa semua pendapatnya adalah pandangan pribadi dan bukan hasil dari komunikasi langsung dengan Milla.

"Kaget sih tidak. Karena kita tahu rata-rata tim Liga 1, dua pertandingan kalah saja nasib pelatihnya sudah goyang. Apalagi tiga kali dia kalah atau hanya bermain seri. Goncangan bisa datang dari mana saja," ucap Firman Utina.

Ia menyatakan bahwa rata-rata tim Liga 1 dapat menghadapi goncangan dan perubahan pelatih jika belum meraih hasil positif secara beruntun.

Baca Juga:
Kompetisi Sudah Jalan, 3 Alasan Mario Gomez Cocok Kembali Latih Persib Bandung

Firman berpandangan bahwa mungkin Luis Milla belum memiliki chemistry dengan atmosfer tersebut, sehingga lebih memilih untuk meninggalkan Persib daripada mengorbankan hal-hal tertentu.

Kontributor: Imadudin Robani Adam

Load More