Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, dalam konferensi pers menjelang pertandingan melawan Timnas Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Salah satu nama pelatih yang dianggap layak mengisi posisi yang ditinggalkan Luis Milla sebagai nakhoda Persib Bandung ialah Park Hang-seo. Eks pelatih Timnas Vietnam ini patut diperhitungkan sebagai kandidat yang cocok.

Park Hang-seo menjadi salah satu pelatih yang namanya sudah tak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Sebab, kiprahnya bersama Timnas Vietnam sukses mencuri perhatian, tak hanya di ASEAN, tetapi juga Asia.

Itulah sebabnya, juru taktik asal Korea Selatan ini dinilai punya sederet kemampuan yang sesuai untuk membawa Persib Bandung kembali berjaya setelah mereka harus berpisah dengan Luis Milla

Baca Juga:
Rekap Pemain Abroad Indonesia: Asnawi dan Shayne Pattynama Sukses Raih Kemenangan

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat mantan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, cocok tangani Persib Bandung yang ditinggal Luis Milla.

1. Pelatih yang Kaya Pengalaman 

Park Hang-seo memang dikenal sebagai salah satu sosok pelatih yang punya pengalaman melimpah di dunia racik strategi. Itulah sebabnya, Persib layak mempertimbangkannya menjadi salah satu kandidat.

Baca Juga:
Media Vietnam Sewot Timnas Indonesia U-17 Bakal Tantang Barcelona

Sebelum menjadi pelatih kepala, Park Hang-seo pernah bertugas sebagai asisten pelatih Guus Hiddink yang ditunjuk sebagai pelatih Timnas Korea Selatan, tepatnya ketika mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Setelah itu, dia juga pernah menangani Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2002 yang menghasilkan medali perunggu. Tugasnya kemudian berlanjut bersama sejumlah klub seperti Gyeongnam FC, Chunnam Dragons, Sangju Sangmu, hingga Changwon City.

2. Rekam Jejak Mentereng 

Baca Juga:
Mengenal Yudi Nurcahya, Wasit Indonesia Berlisensi FIFA yang Bergelar Magister Pendidikan

Hasil pekerjaan Park Hang-seo selama dikontrak Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memang tak perlu diragukan. Sejak tahun 2017, pelatih asal Negeri Ginseng ini sudah melakukan transformasi besar-besaran.

Park tak hanya membawa The Golden Star berjaya di Asia Tenggara, tetapi juga Asia. Di ajang Piala Asia U-23 2018, ia membawa anak asuhnya keluar sebagai runner-u-.

Setelah itu, ada gelar Piala AFF 2018 yang sukses dipersembahkan pelatih ini. Selain itu, Park Hang-seo juga sukses menyabet dua medali emas SEA Games secara beruntun, yakni pada 2019 dan 2021.

Baca Juga:
Profil Mutiara Ayu Puspitasari, Tunggal Putri Indonesia Pertama yang Juara di Kejuaraan Junior Asia 2023

3. Gaya Bermain Baru untuk Persib

Selama mengasuh Timnas Vietnam, Park Hang-seo memang dikenal dengan sosok juru taktik yang temperamental saat mendampingi anak asuhnya di pinggir lapangan. Hal itu tak terlepas dari etos kerja dan daya juangnya yang tinggi.

Sebelum laga, pelatih berusia 65 tahun ini sering kali turun ke lapangan untuk mengamati langsung bagaimana penampilan calon lawannya. Ini menjadi analisis untuk memetakan kekuatan lawan.

Jika Persib Bandung ditangani Park Hang-seo, maka tim Pangeran Biru bakal memiliki gaya bermain baru yang mengandalkan kerja keras, etos kerja, dan daya juang tinggi seperti Vietnam.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More