Arif Budi Setyanto
Kericuhan antara Timnas Indonesia U-22 dan Thailand di laga final Sea Games 2023 Kamboja (YouTube/Entertainment Mediacorp)

Bolatimes.com - Sejumlah staf dan pemain timnas Indonesia U-22 mendapatkan sanksi dari AFC karena terlibat keributan di final SEA Games 2023. Manajer Garuda Muda, Sumardji menyebut akan mengajukan banding.

Sebagaimana diketahui, final SEA Games 2023 menjadi sorotan karena terjadi keributan antara pihak Indonesia dan Thailand. AFC kemudian melakukan penyelidikan atas insiden ini.

Hasilnya sejumlah staf serta pemain timnas Indonesia U-22 harus mendapatkan sanksi. Tiga orang pemain timnas Indonesia dijatuhi sanksi larangan bermain dan denda, yakni Titan Agung Bagus, Komang Teguh Trisnanda, dan Muhammad Taufany Muslihuddin.

Baca Juga:
Mengenal Banten International Stadium, Bisa Jadi Alternatif Venue Piala Dunia U-17

Titan Agung dan Komang Teguh dinyatakan melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 47 sehingga dihukum larangan bermain sebanyak enam pertandingan serta denda sebesar 1.000 dolar (Rp 14.941.650). Adapun Taufany tidak dijatuhi denda.

Selain ketiga pemain itu, AFC juga menjatuhkan hukuman kepada beberapa ofisial timnas Indonesia. Para ofisial tersebut adalah Tegar Diokta Andias (sekretaris tim), Sahari Gultom (pelatih kiper), Ahmad Nizar Caesara Noor (dokter tim), dan Muhni Toid Sarnad.

Tegar dan Sahari Gultom dihukum tidak dapat mendampingi tim sebanyak enam pertandingan serta denda 1.000 dolar, sedangkan Ahmad Nizar dan Muhni Toid diskors enam pertandingan tanpa dijatuhi denda.

Baca Juga:
Beda dengan Timnas Indonesia U-17, Argentina Pilih Pemain Ini untuk Piala Dunia U-17 2023

Manajer timnas Indonesia di SEA Games 2023, Sumardji menegaskan bahwa pihaknya akan menagjukan banding ke AFC terkait sanksi ini.

"Sanksi yang di dinal SEA Games nanti kami akan banding, karena memang ada beberapa ofisial yang semestinya tidak terlibat," ucap Sumardji dikutip dari antaranews, Sabtu (15/7/2023).

"Contohnya adalah Sahari dan Ucok. Itu mestinya tidak terlibat sama sekali, tapi kenapa dikenakan sanksi. Ini yang sedang kami ajukan untuk banding," tegasnya.

Baca Juga:
Seleksi Ketat, Pemain Abroad Belum Tentu Masuk Skuad Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Adapun pertandingan final SEA Games 2023 lalu dimenangkan oleh timnas Indonesia U-22. Garuda Muda mengalahkan Thailand via babak extra time dengan skor 5-2.

Load More