Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Putri Indonesia U-19 saat tampil di ajang Piala AFF U-19 2023. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Putri Indonesia U-19 bertekuk lutut saat menghadapi Thailand di semifinal Piala AFF U-19 2023. Bertanding di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (13/7), skuat Garuda Pertiwi kalah telak dengan skor 1-7.

Kekalahan ini membuat Timnas Putri Indonesia U-19 gagal melaju ke babak final. Terkait hasil ini, Ketum PSSI Erick Thohir berjanji untuk menyetarakan upaya pembinaan atlet sepak bola puteri dengan putera Tanah Air

Pernyataan tersebut disampaikan Erick Thohir kepada wartawan seusai menonton pertandingan timnas putri Indonesia yang kalah 1-7 dari Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-19 Putri tahun 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2023/2024 Hari Ini: Ada Barito Putera vs PSS Sleman hingga Persib Bandung vs Dewa United

"Kekalahan ini membuktikan kami di PSSI harus menyamakan pembinaan antara atlet sepak bola putri dan putra," kata Erick, didampingi Wakil Ketua PSSI Zainudin Amali dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru seperti dikutip dari Antara.

Menurut Erick, salah satu bagian atas penyamarataan upaya pembinaan tersebut ialah dengan mengadakan kompetisi sepak bola khusus puteri.

Keberadaan kompetisi ini dinilainya sangat penting demi meningkatkan kemampuan dan jam terbang para pesepakbola puteri.

Baca Juga:
Lemparan ke Dalam Pratama Arhan Nyaris Bobol Gawang FC Tokyo, FIFA Beri Sorotan

Hal tersebut, kata dia, terlihat selama pertandingan malam ini ada sedikit perbedaan pola permainan antara pemain Timnas Indonesia dengan tim lawannya yang lebih hidup.

Menurut dia, itu terjadi karena para timnas semifinalis Piala AFF yakni seperti Thailand, Myanmar dan Vietnam mereka memiliki kompetisi sepak bola puteri.

"Terlepas dari itu semua anak-anak malam ini sudah luar biasa, mereka membuat sejarah pertama kali tembus semifinal AFF U-19 Puteri. Mereka siap untuk tetap semangat pada laga perebutan juara tiga nanti. Bila menang tentu ada bonus," kata Erick yang juga Menteri BUMN ini.

Baca Juga:
Bursa Transfer: Kapten Liverpool Jordan Henderson Segera Gabung Klub Arab Al-Ettifaq

Load More