Irwan Febri Rialdi
Aksi pemain Timnas Voli Putra Indonesia saat mengalahkan Bahrain dengan skor 3-2 di AVC Challenge Cup 2023. (Instagram/avcvolley)

Bolatimes.com - Peringkat Timnas Voli Putra Indonesia mengalami lonjakan posisi yang sangat signifikan. Saat ini, skuad Merah Putih menduduki peringkat ke-66.

Berdasarkan situs Volley Ball World per Kamis (13/7/2023), Indonesia mencatatkan 43,79 poin. Lonjakan ini begitu terasa spesial seakan menjadi tanda bangkitnya voli Indonesia.

Dalam lingkup Asia, Indonesia berada di peringkat ke-14 dan posisi kedua di Asia Tenggara di bawah Thailand yang menduduki peringkat 9.

Baca Juga:
3 Aksi Pratama Arhan yang Mencuri Perhatian pada Laga Derby Tokyo di Piala Kaisar 2023

Indonesia baru kembali masuk ke dalam perhitungan ranking pada pertandingan melawan Sri Lanka, Jumat (8/7) lalu setelah terakhir kali dihitung poinnya pada 20 September 2019.

Hal ini tidak terlepas dari absennya Timnas Voli Putra Indonesia pada ajang-ajang yang perolehan poinnya dihitung masuk ke FIVB (Federasi Bola Voli Dunia).

Dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Voli Putra Indonesia hanya fokus pada gelaran SEA Games di mana mereka berhasil meraih hattrick medali emas di edisi 2019, 2021, dan 2023.

Baca Juga:
Tak Panik 3 Nama Disanksi AFC, Shin Tae-yong Sudah Temukan Pengganti dari Eropa

Alasan Ranking Timnas Voli Putra Indonesia Melesat

Sebelumnya, peringkat Timnas Voli Putra Indonesia bahkan ada di posisi yang sangat jauh. Namun setelah keikutsertaannya di turnamen AVC Challenge Cup 2023 posisi terdongkrak.

Total Indonesia mengalami lonjak posisi hingga 160 posisi. Timnas Voli Putra Indonesia mulai mendulang poin pada laga melawan Sri Lanka di AVC Challenge Cup 2023.

Baca Juga:
Tebar Ancaman, Eks Kiper Timnas Republik Ceko Optimis Bisa Perkuat Vietnam di Piala Asia 2023

Atas kemenangan melawan Sri Lanka itu, Indonesia memperoleh tambahan 2,03 poin. Kemudian kemenangan atas Bahrain menambah 1,03 poin.

Lantas kemenangan melawan Kazakhstan di babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023, Timnas Voli Putra Indonesia mendapat tambahan 2,45 poin.

Meski posisi Timnas Voli Putra Indonesia berpotensi turun atau disalip negara lain usai dikalahkan Thailand 2-3 di babak perempat final, Indonesia masih punya peluang untuk memperbaiki posisinya.

Baca Juga:
Pemain Bertahan Malaysia Dirumorkan ke Persija Jakarta, Bakal Duet dengan Bek Kesayangan Shin Tae-yong

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More