Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (kanan) merayakan gol bersama rekannya Saddil Ramdani dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang kini berstatus pengangguran setelah sempat bermasalah dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Bukan rahasia lagi jika Shin Tae-yong merupakan pelatih bertipe tangan besi yang tak pandang bulu terhadap para pemainnya.

Hal ini terbukti dengan pencoretan yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan itu saat melakukan pemusatan latihan di Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Perannya Digantikan Asnawi Mangkualam, Pemain Anyar Jeonnam Dragons Kena Kritik Pelatih

Tak hanya para pemain senior yang dicoret, para pemain Timnas Indonesia kelompok umur pun bahkan ada pula yang dicoret oleh pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Pencoretan ini dilakukan Shin Tae-yong karena para pemain tersebut dianggap bermasalah dan sulit diajak bekerjasama oleh dirinya di Timnas Indonesia.

Entah bagaimana, para pemain yang sempat dicoret oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia karena bermasalah dengannya ini justru mengalami penurunan karier di level klub.

Baca Juga:
Profil Madrid Augusta, Pemain Diaspora yang Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17

Bahkan, para pemain yang pernah bermasalah dengan Shin Tae-yong ini ada yang sampai menganggur karena tak kunjung memiliki klub baru.

Lantas, siapa saja para pemain yang sempat bermasalah dengan Shin Tae-yong dan kini berstatus pengangguran tersebut? Berikut daftarnya.

1. Osvaldo Haay

Baca Juga:
Perbandingan Nasib Asnawi Mangkualam dan Striker Vietnam di Liga Korea Selatan

Osvaldo Haay merupakan salah satu pemain yang dianggap sebagai bintang masa depan Timnas Indonesia karena performa apiknya saat usia muda.

Hal tersebut membuat Shin Tae-yong sempat memanggilnya untuk pemusatan latihan. Usai beberapa kali dipanggil, Osvaldo Haay sempat mangkir dari pemanggilan sehingga dicoret.

Kini, Osvaldo Haay justru harus menerima kenyataan berstatus pengangguran usai dirinya dilepas oleh Persija Jakarta setelah Liga 1 2022-2023 lalu.

Baca Juga:
7 Pemain Asia yang Dijuluki Lionel Messi, Siapa yang Punya Karier Gemilang?

2. Nurhidayat Haji Haris

Lini pertahanan Timnas Indonesia sempat memunculkan nama Nurhidayat Haji Haris yang juga digadang-gadang sebagai bek masa depan skuad Garuda.

Akan tetapi, prediksi itu melenceng jauh setelah Nurhidayat dicoret oleh Shin Tae-yong pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 akibat tindakan indisipliner.

Sejak saat itu, Nurhidayat mengalami penurunan karier dan sempat bermain di Liga 2. Tapi kini ia berstatus pengangguran karena tak memiliki klub.

3. Serdy Ephyfano

Serdy Ephyfano sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk masuk ke Timnas Indonesia U-20 pada 2020 lalu guna persiapan Piala Dunia U-20.

Akan tetapi Serdy Ephyfano melakukan tindakan indisipliner yang membuat Shin Tae-yong tanpa pandang bulu langsung mencoretnya.

Kini tak diketahui nasib Serdy Ephyfano. Transfermarkt menilai dirinya berstatus penggawa Borneo FC. Akan tetapi di skuad Pesut Etam untuk Liga 1 2023/2024 ini tak ada nama pemain asal Maluku itu.

4. Mochamad Yudha Febrian

Sejatinya Yudha Febrian saat ini tak lagi berstatus pengangguran karena baru saja bergabung dengan Persikabo 1973 di awal Liga 1 2023/2024 ini.

Tapi sebelumnya ia tak punya klub usai dilepas Persik Kediri. Jauh sebelum itu, Yudha Febrian juga pernah dicoret oleh Barito Putera.

Karier Yudha Febrian ini menurun drastis dimulai dari tindakan indisiplinernya saat bergabung Timnas Indonesia U-20, yang berujung pencoretan dari Shin Tae-yong.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More