Rauhanda Riyantama
Penyerang Dewa United, Egy Maulana Vikri mengolah si kulit bundar saat berhadapan dengan lawannya di BRI Liga 1 2022/2023. (Instagram/@dewaunitedfc)

Bolatimes.com - Ketimbang Cristiano Ronaldo, pemain muda bertalenta dari seluruh penjuru dunia lebih sering dijuluki Lionel Messi asal negara tersebut.

Termasuk dari Asia, setidaknya ada 7 pemain asal benua ini yang mendapat julukan Lionel Messi pada jamannya.

Kualitas dan keahlian bermain tentu menjadi alasan utama mengapa mereka dijuluki Messi Asia, lantas siapa saja mereka?

Baca Juga:
Duel Persija Jakarta vs Bhayangkara FC, Macan Kemayoran Wajib Menang di Kandang

Berikut ini deretan bintang muda Asia yang sempat berjuluk Messi Asia dan digadang-gadang bakal bersinar di dunia persepak bolaan.

1. Takefusa Kubo

Jebolan La Masia yang talentanya tak membuat Barcelona tertarik, hingga direkrut Real Madrid meski pada akhirnya dijual.

Baca Juga:
Bukan Tentang Persiapan Seleksi Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim Malah Posting Momen Ini

Kubo sejatinya masih di Liga Spanyol, bermain untuk Real Sociedad berposisi sebagai gelandang dan langganan Timnas Jepang.

2. Paulo Gali Freitas

Timor Leste punya satu pemain dengan kemampuan paling menonjol, dialah Paulo Gali Freitas yang kini bermain untuk PSIS Semarang.

Baca Juga:
Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-17, Eks Pemain Kunci Garuda Select Banjir Dukungan

Saking menonjolnya kualitas Gali Freitas, ia mendapat julukan sebagai Messi-nya Timor Leste, berposisi sebagai gelandang serang.

3. Lee Seung-Woo

Sama seperti Kubo, Lee Sung-woo merupakan pemain jebolan akademi La Masia direkrut Barcelona pada 2011 dan langsung mendapat julukan Messi Korea Selatan.

Baca Juga:
Masuk Tim KMSK Deinze untuk Pramusim, Marselino Ferdinan Bisa Lawan Pemain Keturunan yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Meskipun pada akhirnya Lee Sung-woo gagal memenuhi ekspektasi, ia hanya bermain sekali untuk Barcelona B untuk kemudian hengkang ke Hellas Verona pada 2017.

4. Nguyen Quang Hai

Quang Hai adalah bintang Vietnam, sempat melebarkan kariernya di Liga Prancis kasta kedua meski dipaksa menelan pil pahit.

Quang Hai akhirnya kembali ke Vietnam, meski masih membawa julukan sebagai Messi Vietnam andalan Park Hang-seo.

5. Omar Abdulrahman

Namanya sempat menjadi perbincangan dunia sepak bola Eropa karena keahlian dan kualitas bermainnya disebut mirip Lionel Messi.

Namun Messi Uni Emirat Arab (UEA) ini mengalami penurunan karier, alih-alih dilirik klub Eropa, namanya justru lenyap bak ditelan bumi.

6. Chanatip Songkrasin

Messi Thailand disematkan pada sosok Chanatip Songkrasin, pemain yang sempat dibanderol dengan transfer termahal Liga Jepang.

Karier Chanatip mentok di Liga Jepang, sebelum pada 2023 ini dikabarkan kembali ke Thailand setelah kontraknya tak diperpanjang.

7. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri mungkin pemain berjuluk Messi dengan karier terburuk, hanya beberapa kali dimainkan ketika bermain di Liga Polandia.

Kemudian mengalami penurunan karier ke Liga Kroasia, sebelum pulang ke Tanah Air membela Dewa United.

Kontributor: Eko
Load More