Rauhanda Riyantama
Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Timor Leste di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia U-23 bisa lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan bertanding di putaran final ajang tersebut.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-23 akan kembali beraksi yakni saat mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pada tahapan kualifikasi ini, total ada 43 negara yang akan berpartisipasi dan telah terbagi dalam 11 grup dari grup A hingga grup K.

Baca Juga:
Menpora Kirimkan 30 Nama Diaspora ke PSSI untuk Piala Dunia U-20 2023, Siapa Saja?

AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia selaku penyelenggara ajang ini pun telah memiliki 11 negara dari masing-masing grup sebagai tuan rumah.

Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di grup K pun terpilih sebagai tuan rumah grup dan akan bertanding dengan dua negara lainnya.

Dalam Drawing yang dilakukan pada Mei 2023 lalu, Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Pratama Arhan Pindah ke Liga Brasil dan Jadi Transfer Paling Mahal Liga Jepang

Menghadapi dua negara tersebut, Timnas Indonesia U-23 diwajibkan bisa meraih dua kemenangan agar bisa menjadi juara grup dan lolos ke putaran final.

Jika tak bisa menjadi juara grup, Timnas Indonesia U-23 harus bisa menjadi salah satu dari empat Runner Up grup terbaik dari 11 grup yang ada.

Meski jalan yang dihadapi terbilang terjal untuk lolos, ada beberapa alasan mengapa Timnas Indonesia U-23 bisa melewati babak kualifikasi ini dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persebaya Surabaya vs Barito Putera di BRI Liga 1 2023: Kick Off 15.00 WIB

Apa saja alasan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Status Tuan Rumah

Timnas Indonesia diyakini bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 karena statusnya sebagai tuan rumah babak kualifikasi.

Baca Juga:
Media Vietnam Takjub dengan Kekuatan Timnas Putri Indonesia U-19 di Piala AFF Wanita U-19

Status sebagai tuan rumah ini merupakan keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia U-23 yang akan didukung oleh belasan hingga puluhan ribu pendukungnya di stadion.

Dukungan masif dari suporter ini bisa membangkitkan semangat para pemain sekaligus menghantui lawan-lawan Timnas Indonesia U-23.

2. Shin Tae-yong sebagai Pelatih

Di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini, Timnas Indonesia U-23 akan dipimpin oleh Shin Tae-yong yang punya rekam jejak apik membawa tim senior lolos ke Piala Asia 2023 dan tim U-23 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong sendiri ditunjuk secara langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, untuk menukangi Timnas Indonesia U-23 yang semula dipasrahkan ke Indra Sjafri.

Dengan statusnya sebagai pelatih kenamaan sekaligus taktiknya yang jitu di babak kualifikasi, membuat Timnas Indonesia U-23 diunggulkan untuk bisa lolos.

3. Potensi Kehadiran Pemain Abroad

Berbeda dengan negara-negara kontestan lainnya, ada kemungkinan Timnas Indonesia U-23 akan diperkuat pemain Abroad atau yang berkarier di luar negeri.

Nama-nama seperti Marselino Ferdinan, Rafael Struick, hingga Ivar Jenner diyakini akan dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang tersebut.

Di sisi lain, para pemain Timnas Indonesia U-23 mayoritas merupakan para pemain yang dikenal betul oleh Shin Tae-yong. Sehingga hal ini memudahkan pelatih Korea Selatan itu untuk lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More