Rauhanda Riyantama
Pratama Arhan jadi pahlawan kemenangan Tokyo Verdy. (Twitter/@TokyoVerdySTAFF)

Bolatimes.com - Belakangan ini kanal YouTube Kreator Bola mengunggah sebuah video yang menyebutkan bahwa Pratama Arhan sudah resmi mendapatkan klub baru di Liga Brasil. Bagaimana faktanya?

Narasi semacam itu disampaikan kanal YouTube Kreator Bola melalui judul video yang diunggah pada Kamis (6/7/2023). Mereka menyebut bahwa kepindahan Pratama Arhan menjadi transfer paling mahal di Liga Jepang.

“Done Deal!! Pratama Arhan Pindah ke Liga Brasil - Transfer Paling Mahal Liga Jepang,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam video unggahannya itu.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persebaya Surabaya vs Barito Putera di BRI Liga 1 2023: Kick Off 15.00 WIB

Lalu, benarkah Pratama Arhan resmi meninggalkan klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy, menuju Liga Brasil dan memecahkan transfer paling mahal di Liga Jepang? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Jika video berdurasi 3:03 menit ini ditelisik secara cermat, kanal YouTube Kreator Bola sebetulnya tak mencantumkan sumber jelas yang bisa diverifikasi fakta dan kebenarannya.

Baca Juga:
Media Vietnam Takjub dengan Kekuatan Timnas Putri Indonesia U-19 di Piala AFF Wanita U-19

Sebab, narator dalam video ini hanya menghubungkan performa impresif Pratama Arhan saat bermain bersama Timnas Indonesia melawan Argentina pada laga FIFA Matchday periode Juni 2023.

Mereka menyebut, Pratama Arhan saat ini tengah diincar oleh beberapa klub kasta tertinggi Liga Portugal dan Brasil. Namun tak dijelaskan secara spesifik soal sumber dan asal-usul dari klaim tersebut.

Baca Juga:
Bukti Mental Pratama Arhan Lebih Kuat Dibanding Wonderkid Malaysia yang Belum Berani ke Liga Jepang

“Diketahui saat ini ada beberapa klub yang memang serius untuk mengincar Pratama Arhan. Salah satunya adalah klub kasta tertinggi Liga Portugal dan Liga Brasil,” bunyi narator dalam video tersebut.

“Namun sepertinya Liga Brasil akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi sosok pemain Asia ini. Penampilan luar biasa Pratama Arhan saat melawan Argentina memang mendapat perhatian khusus dari seorang pelatih kasta teratas Liga Brasil, yakni Abel Ferreira,” lanjutnya.

Kanal YouTube Kreator Bola juga menyebutkan bahwa Abel Ferreira yang kini melatih Palmeiras ingin sangat serius. “Bahkan Abel Ferreira ingin mendatangkan dan menjemputnya secara langsung. Hal ini karena Arhan tersorot secara viral di benua Eropa dan Amerika,” ujar narator dalam video itu.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSM Makassar vs Dewa United di BRI Liga 1 2023, Kick Off 15.00 WIB

Akan tetapi, tidak dapat ditelusuri dari mana sumber ucapan Abel Ferreira ini. Karena itu, klaim semacam ini tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi video yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Sebab, mereka tak mencantumkan sumber jelas yang dapat diverifikasi kebenarannya.

Oleh karena itu, klaim semacam ini dapat dikategorikan sebagai hoaks atau informasi yang tidak benar.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More