Rauhanda Riyantama
Aksi Ryan Kurnia saat Persib Bandung ditahan imbang Madura United 1-1 di BRI Liga 1 2023/2024. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Melihat perbandingan nilai pasar skuad Persib Bandung dengan raksasa Malaysia, Johor Darul Ta’zim, usai tim berjuluk Si Pangeran Biru itu menjadi klub termahal di Liga 1 2023/2024.

Persib Bandung sejauh ini menjadi klub termahal Liga 1 2023/2024 mengungguli 17 tim lainnya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Si Pangeran Biru, julukan Persib, memiliki nilai pasar sebesar 6,1 juta euro atau setara dengan Rp99,7 miliar dari 35 pemain yang dimilikinya.

Baca Juga:
Sebut Nama Asnawi Mangkualam Cs, Ketum PSSI Ungkap Alasan Kirim Timnas U-20 ke Asian Games 2023

Nilai itu lebih tinggi bila dibandingkan kontestan Liga 1 lainnya, dan bahkan unggul telak atas Borneo FC yang ada di peringkat kedua dengan nilai pasar Rp87,4 miliar dari 42 pemain yang dimilikinya.

Nilai pasar yang dimiliki Persib itu tak lepas dari banyaknya bintang yang berada di skuadnya. Nama Marc Klok masih menjadi pemain termahal dengan nilai pasar Rp7,7 miliar.

Nilai pasarnya diikuti oleh para pemain asing yang dimiliki Persib serta diikuti oleh para pemain lokal berlabel Timnas Indonesia seperti Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

Baca Juga:
Media Vietnam Jagokan Timnas Indonesia Bisa Lolos Mudah di Round Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Usai menjadi tim termahal di Liga 1 2023/2024, bagaimana perbandingan nilai pasar Persib dengan raksasa Malaysia, yakni Johor Darul Ta’zim?

Apakah nilai pasar antara Persib Bandung dan Johor Darul Ta’zim berbeda tipis atau justru punya perbedaan yang amat signifikan?

JDT Unggul Tipis

Baca Juga:
Berasal dari Jerman, Pendamping Baru Bima Sakti untuk Timnas U-17 Diumumkan Pekan Depan

Jika melihat nilai pasar Johor Darul Ta’zim (JDT), nilai pasar Persib Bandung bisa dikatakan hanya terpaut tipis saja dari raksasa Malaysia tersebut.

Diketahui, JDT memiliki nilai pasar total sebesar 8,9 juta euro atau sekitar Rp145 miliar, hanya unggul 2,6 juta euro (Rp42,5 miliar) dari Persib Bandung.

Jika ditelisik lebih jauh, nilai pasar JDT terbilang tinggi karena memiliki 37 pemain di skuadnya, atau unggul dua pemain dari Persib yang memiliki 35 pemain.

Baca Juga:
Tak Pasang Target, PSSI Kirim Timnas Indonesia U-20 untuk Asian Games 2023

Meski begitu, perbandingan ini terbilang jauh jika membandingkan nilai pasar dari masing-masing pemain yang dimiliki kedua tim.

Jika dari kubu Persib ada Marc Klok yang punya nilai pasar termahal yakni Rp7,7 miliar, JDT memiliki sosok Jordi Amat yang memiliki nilai pasar mahal.

Kompatriot dan rekan Marc Klok di Timnas Indonesia itu memiliki nilai pasar sebesar 900 ribu euro atau setara dengan Rp14,7 miliar.

Selain itu, JDT masih memiliki tiga pemain lain yang memiliki nilai pasar di atas Marc Klok yakni Fernando Forestieri (Rp13 miliar), Bergson (Rp8,1 miliar), dan Oscar Aribas (Rp8,1 miliar).

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More