Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Deretan calon lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia telah resmi diumumkan. Fase ini ditentukan lewat posisi seluruh negara Asia di ranking FIFA.

Sebelum bisa bersaing di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia harus terlebih dahulu berjuang di babak kedua untuk menembus pot keempat.  Hal ini karena peringkat skuad Merah Putih yang berada di urutan 150 FIFA.

Setidaknya, ada 18 negara yang akan memperebutkan sembilan tempat di pot keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai pada 12 hingga 17 Oktober 2023.

Baca Juga:
Aksi Thom Haye Borong 4 Gol, SC Heerenveen Menang Telak 14-0 atas FC Wolvega

18 kontestan ini nantinya akan dibagi menjadi dua bagian. Untuk urutan 1-9 teratas, mereka akan masuk pot unggulan. Sedangkan posisi 10-18 bakal menempati pot non-unggulan.

Sembilan tim di pot unggulan ialah Timnas Indonesia, Taiwan, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, Nepal, dan Kamboja.

Sedangkan sembilan kontestan non-unggulan ialah Makau, Mongolia, Bhutan, Laos, Brunei, Darussalam, Bangladesh, Timor Leste, Pakistan, dan Guam. Deretan negara inilah yang berpotensi jadi lawan Indonesia di babak pertama.

Baca Juga:
Profil Noraly Soedito, Ibu Rafael Struick yang Menawan dan Bukan Orang Sembarangan

Nantinya, Timnas Indonesia akan terlebih dahulu melewati duel dengan format home-away untuk lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Leg pertama bergulir pada 12 Oktober 2023 dan leg kedua pada 17 Oktober 2023.

Untuk lawan yang akan dihadapi, Timnas Indonesia harus menanti hasil undian babak pertama yang akan bergulir pada Kamis (27/7/2023). Skuad Merah Putih butuh kemenangan untuk bisa menjaga asa lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Pot Unggulan

Baca Juga:
Pemain Timnas Indonesia Main di Top 5 Kompetisi Liga Eropa, Kastanya Lebih Tinggi dari Mbappe

Indonesia

Taiwan

Maladewa

Baca Juga:
Dirumorkan Gabung FC Tokyo, Elkan Baggott Berpeluang Hadapi Pratama Arhan di Piala Kaisar 2023

Yaman

Afghanistan

Singapura

Myanmar

Nepal

Kamboja

Pot Non-Unggulan

Makau

Mongolia

Bhutan

Laos

Brunei Darussalam

Bangladesh

Timor Leste

Pakistan

Guam

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More