Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (kanan) merayakan gol bersama rekannya Saddil Ramdani dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Bolatimes.com - Berikut empat mantan bintang Timnas Indonesia yang mengalami penurunan karier secara drastis hingga berstatus tanpa klub di tahun 2023 ini.

Pada umumnya, pemain berlabel Timnas Indonesia dianggap sebagai pemain yang punya kualitas di atas rata-rata pesepak bola kebanyakam

Karena dianggap punya kualitas di atas rata-rata, banyak pemain jebolan tim nasional menjadi incaran klub-klub di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Baca Juga:
Erick Thohir Minta Polemik JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17 Disetop: Bukan Waktunya Salah-salahan

Namun label jebolan tim nasional tak serta merta membuat seorang pemain bisa mempertahankan atau menyelamatkan kariernya di level teratas.

Sebab, setiap klub memilih menimbang sang pemain berdasarkan performanya ketimbang statusnya sebagai mantan pemain sebuah tim nasional.

Hal ini pun berlaku bagi para mantan pemain Timnas Indonesia yang kini harus menerima kenyataan berstatus tanpa klub karena performanya yang menurun drastis.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-23, Skuad Garuda Senior Absen di FIFA Matchday September 2023?

Tercatat ada empat mantan penggawa Timnas Indonesia yang kini harus berstatus tanpa klub karena tak dipertahankan klub lamanya ataupun tak kunjung mendapat tawaran.

Siapa saja pemain tersebut?

1. Irfan Bachdim

Baca Juga:
Pimpin Komite Wasit PSSI, Erick Thohir Beri Ultimatum: Kalau Aneh-aneh Dihukum Seumur Hidup

Irfan Bachdim merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia yang bersinar di Piala AFF 2010 lalu. Bahkan pasca gelaran tersebut, ia sempat menjadi andalan skuad Garuda.

Di usianya yang sudah kepala tiga, performa Irfan Bachdim pun dianggap menurun, sehingga klub terakhirnya Persis Solo memilih untuk melepasnya.

Hingga Liga 1 2023/2024 ini telah bergulir, eks penggawa FC Utrecht itu pun belum memiliki klub baru untuk melanjutkan kariernya.

Baca Juga:
Ranking FIFA Timnas Indonesia Rendah, Dirtek PSSI yang Baru Cuma Mau Dikontrak 4 Bulan untuk Percobaan

2. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay merupakan pemain yang sempat digadang-gadang sebagai bintang Timnas Indonesia usai penampilan apiknya di SEA Games 2019.

Namun badai cedera membuat performanya mengalami penurunan. Terakhir ia tercatat membela Persija Jakarta sejak 2020 lalu.

Pada 2023 ini, ia dilepas oleh Persija. Ia pun sempat dirumorkan bergabung Bali United. Akan tetapi, hingga kini Osvaldo Haay belum mendapatkan klub baru di usianya yang baru 25 tahun.

3. Andik Vermansah

Andik Vermansah punya status mentereng di usia muda yakni disebut sebagai bintang masa depan Timnas Indonesia berkat kecepatannya dan kemampuan olah bolanya.

Ia pun sempat membela Timnas Indonesia di berbagai ajang dan sempat berkiprah di luar negeri bersama DC United dan juga Selangor FC.

Namun di usianya yang kini 31 tahun, Andik Vermansah tak memiliki klub, usai dirinya dilepas oleh Bhayangkara FC pasca Liga 1 2022/2023.

4. Ilham Udin Armayn

Ilham Udin Armayn jadi perbincangan saat membela Timnas Indonesia U-19 pada 2013-2014. Namanya kemudian meleset bersama Bhayangkara FC hingga direkrut klub Malaysia, Selangor FA.

Namun, performa Ilham terus menurun hingga puncaknya pada setengah musim 2021 ia berstatus tanpa klub. Kini, ia dipastikan tanpa klub setelah kontraknya tak diperpanjang Arema FC.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More