Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan memulai perjuangan ke Piala Dunia 2026 dari babak pertama. Jika nanti bertemu negara tetangga, Timor Leste dalam round tersebut, skuad Garuda bisa diuntungkan.

Saat ini timnas Indonesia bertengger di posisi ke-150 ranking FIFA. Hal tersebut membuat anak asuh Shin Tae-yong diharuskan bermain dari round pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Nah di babak ini, tim asuhan Shin Tae-yong bakal bertemu tim 'unseeded'. Ada sembilan negara yang menjadi calon lawan timnas Indonesia.

Baca Juga:
Redam Polemik, Ketum PSSI Usulkan Stadion JIS ke FIFA untuk Venue Piala Dunia U-17 2023

Melansir dari laporan Twitter @FootyRankings, sembilan negara tersebut adalah Macau, Mongolia, Bhutan, Laos, Bangladesh, Brunei Darussalam, Timor Leste, Pakistan, dan Guam.

Untuk drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia bakal digelar 27 Juli mendatang. Jika timnas Indonesia bertemu Timor Leste, Asnawi Mangkualam dkk bisa saja diuntungkan.

Pasalnya round pertama ini akan digelar dengan sistem dua leg pada bulan Oktober 2023. Jika bertemu Timor Leste, bisa saja skuad Garuda akan memainkan dua laga di kandang sendiri.

Baca Juga:
Gerak Cepat, 3 Pemain Abroad Ini Sudah Dihubungi PSSI untuk Piala Dunia U-17 2023

Sebab, Timor Leste belum memiliki arena representatif. Kondisi tersebut bisa membuat mereka pindah kandang.

Berkaca dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Malaysia yang bertemu Timor Leste juga dua kali bermain di Stadion Nasional Bukit Jalil. Hasilnya Harimau Malaya menang telak dengan agregat 12-2.

Maka dari itu, timnas Indonesia bakal diuntungkan andai bertemu Timor Leste di Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia. Sebab, skuad Garuda berpotensi menjalani dua pertandingan di kandang sendiri seperti yang dialami Malaysia.

Baca Juga:
Aidan Julien Bonvanie, Kiper Diaspora yang Punya Paspor Indonesia Dapat Dukungan Tampil di Piala Dunia U-17 2023

Load More