Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Ketum PSSI, Erick Thohir, saat meninjau langsung JIS. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyeb, memutuskan untuk mengusulkan Jakarta International Stadium (JIS) sebagao salah satu venue Piala Dunia U-17 2023. Keputusa dibuat dirinya melakukan peninjauan langsung, pada Selasa (4/7/2023) pagi WIB.

Erick didampingi oleh Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Menpora Dito Ariotedjo.

Hadir juga pengurus PSSI seperti Wakil Ketua Umum Zainudin Amali dan Ratu Tisha serta Anggota Exco Arya Sinulingga.

Baca Juga:
Bisa Boncos, Butuh Rp 6 Miliar Cuma untuk Benahi Rumput Stadion JIS, Belum yang Lain-lain

Erick menjelaskan untuk JIS akan dicari solusi untuk dicoba diajukan ke FIFA untuk venue Piala Dunia U-17 2023.

Seperti diketahui keputusan penuh pemilihan venue ada pada mereka.

"Alhamdulillah hari ini mudah-mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk kejuaraan dunia U-17. Salah satu ya," kata Erick Thohir usai peninjauan.

Baca Juga:
Belum Genap 4 Bulan, Anak Asuh Shin Tae-yong yang Berkarier di Eropa Pilih Pulang Kampung

"Ini yang kami lakukan. Ini yang saya rasa, mungkin polemik yang belakangan terjadi itu bukan polemik kita harapkan," sambungnya.

Erick Thohir menjelaskan sudah ada kesepakatan supaya JIS bisa standar FIFA dan bisa menggelar pertandingan level internasional.

Ini juga menjadi bagian dari Instruksi Presiden Joko Widodo memperbaiki infrastruktur stadion-stadion di Tanah Air.

Baca Juga:
Puji Kualitas Sepak Bola Tanah Air, Thomas Doll Nilai Ada Pemain Indonesia yang Layak Jajal Liga Jerman

Menteri BUMN itu menyebut bahwa keputusan pemilihan ada di FIFA. Saat ini, ada upaya dari banyak pihak untuk memperbaiki infrastruktur yang ada.

"Nomor satu standar FIFA itu yang menentukan FIFA. Bukan PSSI, bukan siapapun yang di sini. Kita hanya memperbaiki meningkatkan semua yang bisa sesuai dengan standar FIFA," ucapnya.

"Karena itu ini merupakan bagian dari yang dilakukan pemerintah khususnya menteri PUPR sesuai dengan tentu tugas dari bapak presiden waktu itu ketika kita memaparkan ke FIFA blue print trasnformasi sepak bola termasuk renovasi 22 stadion. Yang memang juga akan dipergunakan untuk timnas Indonesia Liga 1, Liga 2. Ini yang kita dorong," jelasnya.

Baca Juga:
PSSI Sebut Dirtek Baru PSSI Terkenal dan Umur 60-an, Fix Joachim Low?

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki menyebut JIS harus melakukan beberapa perbaikan. Ini supaya bisa diajukan untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Kami akan coba untuk dapat memenuhi standar FIFA untuk Piala Dunia U-17, sebelumnya sudah ada tim PSSI untuk evaluasi, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan," ujar Basuki.

Load More