Irwan Febri Rialdi
Kiper diaspora, Aidan Julien Bonvanie yang punya paspor Indonesia. (Instagram/aidanjulienbonvanie)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, tampaknya perlu mempertimbangkan memanggil Aidan Julien Bonvanie. Kiper diaspora berpaspor Indonesia ini sangat layak dipanggil seleksi untuk skuad Piala Dunia U-17 2023.

Sebab, belakangan ini Aidan Julien Bonvanie menjadi sorotan netizen karena mengaku punya paspor Indonesia. Hal tersebut diketahui dari beberapa akun Instagram fanbase sepak bola tanah air.

Misalnya akun @fpl_mclarenwolf yang mengunggah tukar pesan dengan Aidan. Ia menyebut bahwa kiper potensial asal Belanda itu sudah mengirim pesan ke PSSI setelah penunjukan tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
Kurniawan Dwi Yulianto Nasihati Saddil Ramdani: Jangan Cepat Puas Diri dan Tetap Rendah Hati

Pesan itu tampaknya berisi dokumen pendukung yang mengonfirmasi bahwa penjaga gawang berusia 13 tahun ini merupakan diaspora. 

Kemudian akun @futboll.indonesiaa juga ikut mengunggah sesi wawancaranya bersama Aidan Julien Bonvanie. Dari wawancara ini, Aidan mengatakan punya darah Indonesia dari ibu yang berasal dari Bandung.

Profil Aidan Julien Bonvanie

Baca Juga:
Hidup Mewah Bukan Jaminan, Taisei Marukawa Ungkap Tantangan Sepak Bola Indonesia, Singgung Stadion Hingga Ulah Suporter

Apabila merujuk pada wawancara Aidan Julien Bonvanie bersama akun @futboll.indonesiaa, penjaga gawang diaspora ini usianya memang masih sangat muda. Sebab, dia tercatat lahir di Amsterdam, Belanda, pada 12 Juli 2009.

Artinya, usianya belum genap 14 tahun. Namun, potensinya menjadi kiper top memang sangat besar. Sebab, di usianya yang masih hijau, Aidan sudah memiliki tinggi badan mencapai 180 cm.

"Saya lahir di Amsterdam 12 Juli 2009. Jadi saya masih sangat muda, tapi tinggi saya sudah 1,80 meter, yang paling penting adalah saya memiliki paspor Indonesia sehingga saya tidak membutuhkan proses naturalisasi," ucapnya.

Baca Juga:
Profil Ethan Kohler, Gelandang 18 Tahun Keturunan Bali di Klub Jerman Werder Bremen

Saat mendengar Indonesia resmi ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Aidan Julien Bonvanie langsung merasa antusias. Sebab, dia merasa bahwa dirinya berkebangsaan Indonesia.

Apalagi, Aidan juga memiliki keinginan besar untuk memperkuat Timnas Indonesia suatu saat nanti. Piala Dunia U-17 2023 menjadi pintu gerbang baginya untuk bisa menapaki level yang lebih tinggi.

"Saya berbicara sedikit bahasa Indonesia. Ya saya melihatnya di media sosial bahwa Indonesia mengadakan Piala Dunia U-17 2023, jika saya terpilih, saya akan sangat senang,” ujarnya.

Baca Juga:
Klub Eropa Umumkan Lepas Bek Jebolan Timnas Indonesia U-20, Keadaan Keluarga Jadi Alasan

“Saya sangat bangga menjadi orang Indonesia dan ingin sekali bermain untuk Garuda. Untuk masa depan karier sepak bola saya pikir tidak akan lama lagi saya bisa bermain di klub profesional," imbuhnya.

Dalam akun media sosialnya, Aidan juga menyertakan bendera merah putih pada keterangan bio Instagram. Saat ini, Aidan tengah bermain bersama klub asal Amsterdam, AVV Zeeburgia U-16.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More