Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
PSSI dan Menteri PUPR Tinjau JIS. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah meninjau Jakarta International Stadium (JIS). Ia menyebuth butuh dana Rp 6 miliar hanya untuk benahi rumput.

JIS terkini sedang ramai dibicarakan menyusul dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Disebut-sebut JIS akan diajukan menjadi salah satu kandidat calon tuan rumah setelah beberapa perbaikan dilakukan.

Salah satu yang menjadi sorotan harus segera dibenahi adalah rumput. Basuki mengatakan butuh dana sekira Rp 6 miliar untuk membereskan permasalahan rumput JIS setelah berdiskusi dengan ahlinya Qamal Mustaqim.

Baca Juga:
Belum Genap 4 Bulan, Anak Asuh Shin Tae-yong yang Berkarier di Eropa Pilih Pulang Kampung

Itu belum termasuk pengeluaran dari sektor lain. Ia mengatakan selain rumput, ada beberapa fasilitas yang harus ditambah supaya JIS bisa standar FIFA.

"Belum saya hitung, yang saya tahu baru rumput tadi saya tanya Pak Qamal (Mustaqim) sekitar Rp 6 miliar. Nanti kalau JPO kita harus hitung dahulu," kata Basuki saat ditemui di JIS, Selasa (4/7/2023).

Basuki menambahkan sudah berbagi tugas dengan beberapa pihak untuk benahi JIS. Selain rumput, yang akan ditambah dari stadion berkapasitas 80 ribuan penonton itu adalah akses masuk dan keluar agar tak terjadi kepadatan.

Baca Juga:
Puji Kualitas Sepak Bola Tanah Air, Thomas Doll Nilai Ada Pemain Indonesia yang Layak Jajal Liga Jerman

"Ini kita kerjakan keroyokan. Mulai rumput butuh Rp6 miliar satu lapangan dari PUPR. JPO (Jembatan Penyeberangan Orang ke Ancol dari PUPR," terang Basuki.

"Lalu, kereta api dari DKI. Ramp (penghubung jalan) dari Jasamarga. Kemudian ada stasiun sementara dari KAI, sedang dibangun oleh dirutnya," pungkasnya.

Baca Juga:
PSSI Sebut Dirtek Baru PSSI Terkenal dan Umur 60-an, Fix Joachim Low?

Load More