Rauhanda Riyantama
Aaron Suitela, pemain keturunan Indonesia - Turki. (Instagram)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Aaron Suitela, pemain berdarah Indonesia-Turki yang belum lama ini diundang untuk menjalani trial di klub elite Brasil.

Jelang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, banyak pendukung skuad Garuda berharap PSSI memanggil para pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-17.

Pasalnya, Timnas Indonesia U-17 dianggap masih jauh kualitasnya jelang berpartisipasi di event kelas dunia tersebut pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Baca Juga:
Dapat Kesempatan Latihan di Tim Utama ADO den Haag, Ini Respons Rafael Struick

Apalagi para penggawa Timnas Indonesia U-17 sudah lama tak bertanding dan tak ada kompetisi yang kompetitif bagi pemain usia muda di Tanah Air.

Dengan kondisi tersebut, banyak desakan agar PSSI memanggil para pemain keturunan Indonesia yang berada di luar negeri.

Nama-nama seperti Welber Jardim, Abdurrahman Iwan, hingga Julian Oerip pun digemakan agar segera dipanggil atau dinaturalisasi.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru BRI Liga 1 2023/2024 Kelar Pekan Pertama: PSIS Semarang di Puncak, Disusul Barito Putera

Selain nama-nama tersebut, muncul nama baru yang diharapkan bisa dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Pemain tersebut adalah Aron Suitela. Ia menjadi sorotan karena baru saja diundang untuk menjalani trial di klub elite Brasil, yakni Clube Atletico Mineiro.

Lantas, siapakah sosok Aron Suitela ini? Dari mana darah Indonesia yang dimilikinya? Berikut Bolatimes.com sajikan profilnya.

Baca Juga:
3 Pesaing Rafael Struick di ADO Den Haag, Ada Cristiano Ronaldo-nya Belanda

Keturunan Indonesia-Turki

Aaron Suitela merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Australia di Melbourne pada 3 Juni 2007. Ia diketahui memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah.

Pemain yang baru berusia 15 tahun ini diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ayah yakni Doddy Suitela yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga:
2 Pesepak Bola Indonesia yang Berkarier di Liga Jepang, Terkini Zahra Muzdalifah

Selain itu, Aaron Suitela memiliki darah Turki dari sang ibunda. Hanya saja ia lahir di Australia dan tumbuh di negeri Kanguru tersebut.

Kariernya di sepak bola pun bermula di Australia. Diketahui, ia tercatat bermain bagi tim kasta kedua yakni Bulleen Lions FC.

Berposisi sebagai penyerang sayap, ia mendapatkan undangan untuk melakoni trial bersama Clube Atletico Mineiro yang saat ini dihuni para bintang ternama.

Clube Atletico Mineiro sendiri sempat dihuni bintang-bintang veteran yang sempat berkarier di Eropa seperti Diego Costa, Hulk, Ronaldinho, hingga Julio Cesar.

Undangan untuk melakoni trial ini pun menjadi bukti kualitas Aaron Suitela. Sebab, sulit bagi pemain muda untuk mendapat undangan trial di Brasil yang menjadi gudangnya talenta sepak bola.

Tak ayal, kiprahnya ini membuatnya cocok untuk dipanggil ke Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Apalagi Timnas Indonesia U-17 membutuhkan penyerang yang punya kapasitas mumpuni, usai gagal total di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2022 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More