Irwan Febri Rialdi
Gustavo Chena. (Infobae.com)

Bolatimes.com - Apa yang dikatakan Gustavo Chena ternyata benar. Masih ada klub Indonesia yang menyediakan makanan junk food seperti pizza usai latihan.

Pemain Argentina yang pernah merumput di Liga Indonesia, Gustavo Chena, belum lama ini membagikan pengalamannya. Salah satu hal yang membuatnya heran adalah soal makanan.

Menurut Chena yang pernah bermain untuk Persija Jakarta hingga PSMS Medan itu, makanan merupakan satu dari sekian faktor yang membedakan sepak bola Indonesia dengan sepak bola Argentina

Baca Juga:
Pantau Ribuan Pemain Muda di Indonesia, Pemandu Bakat Garuda Select Takjub

Chena mengungkap saat bermain di Liga Indonesia, ia kerap melihat pemain Indonesia makan gorengan ayam sebelum bertanding.

"Mereka makan ayam goreng sebelum pertandingan atau saat turun minum makan hamburger, cokelat hingga donat. Mereka mempertahankan kebiasaan ini sejak lama, mereka tidak ingin mengubahnya," ucap Chena seperti dikutip dari Infobae. 

Bahkan Chena menceritakan bahwa ia sempat bertengkar dengan staf pelatih saat melihat di ruang ganti tersaji makanan seperti donat, sekotak pizza, dan makanan manis lainnya. 

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Dapat Dukungan dari Presiden AFC di Piala Dunia U-17 2023: Saya Yakin Mereka akan Bersinar

"Saya pernah bertengkar dengan staf pelatih karena di babak pertama, di meja ruang ganti bukan buah atau yogurt yang tersedia tapi sekotak pizza dan donat. Saya berkata, mereka gila jika makan donat sebelum bermain di babak kedua," ungkap eks pemain Boca Juniors itu.

Chena berkarier di Liga Indonesia pada medio 2003-2011, sehingga apa yang dikatakannya mungkin hanya masa lalu. Namun, ketika Bolatimes meliput sebuah sesi latihan klub, budaya junk food sepertinya belum hilang.

Saat usai latihan, jurnalis Bolatimes yang berdiri dalam jarak lima meter mendengar teriakan seorang manajer klub Liga 1 yang menyebut bahwa ada pizza di ruang ganti.

Baca Juga:
Momen Yuran Fernandes Bentak Riko Simanjuntak, tetapi Saling Tersenyum di Akhir Laga

"Ada pizza," teriak seorang manajer klub saat pemain hendak menuju ruang ganti usai lain.

Padahal, pizza atau junk food tidak disarankan untuk pesepak bola. Gelandang asal Finlandia, Petteri Pennanen, pernah melihat fenomena serupa berkarier di Liga Indonesia pada 2020.

Kala itu, dirinya terkejut dan memilih untuk tidak ikut memakan karena sadar bahwa itu bukan makanan yang tepat bagi pesepak bola.

Baca Juga:
Dampingi Bima Sakti untuk Timnas Indonesia U-17, Legenda Chelsea Segera ke Jakarta

"Dalam suatu perjalanan kami protes tentang makanan. Kemudian satu setengah jam sebelum pertandingan, pizza mendarat dan kami diminta memakannya. Tentu saja saya menolak," kata Pennanen yang mengungkapkannya sambil tertawa.

Load More