Rauhanda Riyantama
Eks Brigton, Jiri Skalak. (Instagram/skali10)

Bolatimes.com - Persija Jakarta santer dikabarkan dengan pemain asal Republik Ceko, Jiri Skalak. Pemain berusia 31 tahun itu punya CV oke karena pernah membela Brighton and Hove Albion di Liga Inggris.

Kabar ini ramai berhembus karena Persija Jakarta memang belum melengkapi kuota pemain asing untuk mengarungi Liga 1 2023/24.

Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut masih punya sisa tiga slot pemain asing. Lantas, nama Jiri Skalak muncul sebagai salah satu kandidatnya.

Baca Juga:
Usai Jadi 'Pelatih' Dadakan, Asnawi Mangkualam Tak Main di Laga Terbaru Jeonnam Dragons

Jika Skalak bergabung, ia akan menjadi pemain Republik Ceko selanjutnya yang membela Persija. Di musim lalu, Persija memiliki Michael Krmencik, namun kini telah dilepas.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Jiri Skalak yang dirumorkan bakal direkrut Persija ini?

Profil Jiri Skalak

Baca Juga:
Bukan Kaleng-kaleng, Berikut 8 Gebrakan Erick Thohir sejak Jadi Ketum PSSI

Pemain berusia 31 tahun ini merupakan pesepakbola kelahiran Pardubice, Ceko, pada 12 Maret 1992. Ia memulai karier sepakbolanya dengan bergabung ke klub besar Ceko, Sparta Prague.

Setelah beberapa tahun di tim akademi, Skalak promosi ke tim utama Sparta Prague pada 2010. Namun, ia minim mendapat kesempatan dan lebih banyak dipinjamkan.

Selain dimainkan di Sparta Prague B, Skalak sempat dipinjamkan ke beberapa tim mulai dari Ruzomberok, Slovácko, Zbrojovka Brno, dan Mlada Boleslav.

Baca Juga:
Terancam Sanksi Banned FIFA, Presiden PSSI-nya Thailand Batal Mundur dari Jabatannya

Tim yang disebutkan terakhir lantas mempermanenkannya pada 2015. Di musim 2015/16, ia tampil 19 kali dengan torehan 7 gol sehingga membuat Brighton & Hove Albion kepincut mendatangkannya.

Hanya dengan biaya 1,2 juta poundsterling, Skalak diboyong pada musim dingin 2015/16 saat Brighton masih berada di divisi Championship.

Di musim 2016/17, Jiri Skalak tampil 33 kali dan membawa Brighton promosi ke Liga Inggris. Namun pada musim pertamanya di kasta tertinggi Inggris, ia cuma bermain tiga kali.

Baca Juga:
Profil Arda Guler, Messi dari Turki Incaran Barcelona

Setelah dilepas Brighton, ia bergabung dengan klub Championship. Millwall. Dua setengah musim di sana, ia pulang ke Ceko untuk membela Mlada Boleslav.

Jiri Skalak sendiri terbilang pemain berbakat di Ceko karena ia sudah membela Timnas Ceko dari kelompok umur U-16 hingga U-21. Ia bahkan menjadi bagian Ceko U-19 yang menjadi runner-up Euro U-19 2011.

Sementara kariernya di timnas senior Ceko dimulai dari 2015-18 dengan catatan 17 penampilan tanpa torehan gol sama sekali.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More