Rauhanda Riyantama
Bali United juara Liga 1 2021/2022. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Sejumlah rekor yang sudah tercipta dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia tampaknya akan sulit terpecahkan. Pasalnya, rekor-rekor ini terhitung luar biasa dan diprediksi bakal bertahan lama.

Sejarah mencatat ada beberapa pemain yang mampu menampilkan permainan luar biasa saat mengukir kiprahnya di sepak bola Indonesia. Ada yang mampu meraih banyak gelar pemain terbaik, ada pula yang menjadi mesin gol fenomenal.

Sementara itu, di level yang lebih kolektif, ada satu rekor yang tampaknya bakal sulit dipecahkan oleh klub mana pun, setidaknya dalam waktu dekat. Sebab, kompetisi sepak bola yang akan datang akan lebih kompetitif.
Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga rekor yang sudah tercipta dalam sejarah sepak bola Indonesia yang bakal sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Alex Martins Cetak Gol, Dewa United Menang Tipis Lawan Arema FC

1. Back to Back Juara Liga

Rekor pertama dalam sejarah sepak bola Indonesia yang diprediksi bakal bertahan lama ialah keberhasilan Bali United meraih gelar juara Liga 1 secara back-to-back dalam dua musim beruntun.

Keberhasilan ini dicatatkan Serdadu Tridatu pada Liga 1 musim 2019 dan 2021-2022. Sebagai informasi, kompetisi musim 2020 harus dihentikan di tengah jalan karena merebaknya pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Gol Penalti David Da Silva Selamatkan Persib Bandung dari Kekalahan Lawan Madura United

Rekor Bali United ini tampaknya akan sulit dipecahkan. Sebab, sejak era Liga Indonesia bergulir pada 1994, tidak ada satu pun klub yang bisa meraih gelar pada juara dua musim secara beruntun.

2. Gelar Pemain Terbaik Terbanyak 

Nama penyerang legendaris Timnas Indonesia, Boaz Solossa, tampaknya akan dikenang dalam sejarah sepak bola tanah air. Pasalnya, Boaz punya rekam jejak prestasi yang sulit ditandingi pemain mana pun.

Baca Juga:
4 Wonderkid Asal Asia Tenggara yang Layak Dinantikan Kiprahnya, Termasuk Marselino Ferdinan

Pesepak bola asal Sorong ini tercatat sebagai pesepak bola dengan gelar Pemain Terbaik terbanyak dalam sejarah sepak bola Indonesia. 

Dia mendapatkan tiga penghargaan itu pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2013. Rekor ini sepertinya bakal bertahan cukup lama. Hal itulah yang juga membuat Boaz Solossa begitu istimewa.

3. Pencetak Gol Terbanyak

Baca Juga:
Pelatih Ipswich Town Beri Pujian Selangit ke Elkan Baggott: Dia Punya Atribut yang Sangat Bagus

Pesepak bola kelahiran Uruguay, Cristian Gonzales, telah menghabiskan sebagian besar kariernya di sepak bola Indonesia. Penyerang yang akrab dengan julukan El Loco ini juga memegang rekor istimewa.

Sebab, El Loco telah meraih gelar top scorer di Liga Indonesia sebanyak empat kali. Sejauh ini, dia juga menjadi Pencetak Gol Terbanyak dengan total 283 gol sepanjang kariernya di sepak bola Indonesia.

Menariknya, meski sudah berusia 46 tahun, penyerang yang terakhir kali berkarier bersama PSIM Yogyakarta di Liga 2 ini belum berniat untuk gantung sepatu alias pensiun.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More