Irwan Febri Rialdi
Starting XI Timnas Indonesia U-16 saat melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa Timnas Indonesia U-17 mendapatkan lima pemain keturunan untuk berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Benarkah informasi tersebut?

Informasi tersebut disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola yang terlihat dari Thumbnail dan judul video yang digunakannya.

Dalam Thumbnail video, terlihat beberapa pemain keturunan dengan kalimat tiba di Jakarta dan langsung tes medis.

Baca Juga:
Beda dengan Konser Blackpink, Erick Thohir 'Diam' usai Rumput SUGBK Penyet karena Acara Partai

Thumbnail video itu kemudian diperkuat oleh judul bombastis yang digunakan kanal Kreator Bola dalam video unggahannya kemarin, 29 Juni 2023.

“LOKAL PRIDE NANGIS!! PSSI DAPAT 5 PEMAIN KETURUNAN UNTUK PIALA DUNIA U-17 | INI BUKTINYA,” bunyi judul video kanal Kreator Bola.

Hingga artikel ini dibuat, Jumat (30/6), video kanal Kreator Bola itu telah ditonton sebanyak 5 ribu kali lebih dan menuai 10 komentar dari netizen Tanah Air.

Baca Juga:
3 Alasan Bima Sakti akan Buat Kejutan di Piala Dunia U-17 2023, Salah Satunya Faktor Kedekatan

PENJELASAN

Dalam video berdurasi 3 menit 14 detik tersebut, kanal YouTube Kreator Bola memulai video dengan narasi PSSI tengah mengurus beberapa pemain untuk bisa membela Timnas Indonesia U-17.

Kemudian narasi dilanjutkan dengan keinginan PSSI agar para pemain keturunan ini membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
Berkat Bantuan Timnas Indonesia, Posisi Vietnam di Ranking FIFA Zona Asia Naik

Narasi video itu pun menyebut nama Irfan Karijowidjojo yang tengah didekati PSSI untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Lalu narasi video dilanjutkan dengan pendapat sang narator yang menyebut bahwa para pemain keturunan ini akan jadi investasi bagi sepak bola Indonesia di masa depan.

Lalu sang narator mengklaim FIFA selaku induk sepak bola dunia mendukung langkah PSSI ini untuk mendapatkan pemain-pemain keturunan.

Baca Juga:
Cerita Shayne Pattynama Tentang Proses Naturalisasi: Kesabaran Saya Diuji

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail, judul, serta narasi video tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan kanal YouTube Kreator Bola masuk dalam kategori hoaks.

Informasi hoaks tersebut terlihat dari Thumbnail video di mana Kreator Bola mengklaim pemain keturunan telah tiba di Jakarta dan langsung tes medis.

Lalu informasi tersebut berlanjut di judul yang menyebut PSSI mendapatkan lima pemain keturunan untuk Piala Dunia U-17 dan mengklaim memiliki buktinya.

Namun setelah mendengar narasi kanal Kreator Bola dalam videonya, tak ada informasi mengenai lima pemain keturunan seperti klaim di judul video.

Narasi video pun hanya menceritakan rencana PSSI mendekati atau membuka peluang memanggil pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan yang ada, informasi yang diberikan kanal YouTube Kreator Bola sama sekali tak berdasar dan masuk kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More