Irwan Febri Rialdi
Prediksi Pot 1 Piala Dunia U-17 2023 oleh YouTube Cetakgol IDN. (YouTube/Cetakgol IDN)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Cetakgol IDN baru-baru ini mengunggah sebuah video yang berisi soal calon-calon yang dihadapi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Mereka menyebut, Indonesia dipastikan masuk grup neraka.

“Dipastikan di Grup Neraka dengan Grup Unggulan Juara! Calon Lawan Indonesia di Piala Dunia U-17,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube Cetakgol IDN melalui video yang diunggah pada Selasa (27/6/2023).

Lalu, bagaimana fakta yang sesungguhnya? Benarkah Timnas Indonesia U-17 dipastikan masuk grup neraka dan unggulan di Piala Dunia U-17 2023? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

Baca Juga:
Berbulan-bulan Gelisah, Pelatih Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 Akui Tak Sabar Datang ke Tanah Air

PENJELASAN

Apabila menelaah secara rinci video berdurasi 8:53 menit tersebut, pembahasan soal lawan yang dihadapi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 baru dimulai sejak menit ke 2:50.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh narator video tersebut, penentuan pembagian pot drawing Piala Dunia U-17 2023 akan disesuaikan dengan ranking FIFA dari negara-negara pesertanya.

Baca Juga:
Jadwal Persija Jakarta vs PSM Makassar di Pekan Pertama BRI Liga 1 2023-2024

Bahkan, mereka sudah memberikan gambaran negara-negara yang nantinya akan tergabung di pot satu, dua tiga, hingga empat. Untuk pot pertama, ada Indonesia, Argentina, Prancis, Brasil, Inggris, dan Spanyol.

“Nantinya, pembagian pot akan berdasarkan ranking FIFA terbaru pada bulan Agustus saat drawing berlangsung. Mengingat drawing yang hanya tersisa kurang dari dua bulan itu, seharusnya ranking FIFA tak banyak berubah,” bunyi narator video tersebut.

“Jadi, hampir dipastikan pot pertama akan dihuni oleh Argentina, Prancis, Brasil, Inggris dan Spanyol. Sedangkan pot kedua ditempati Maroko, Amerika, Jerman, Meksiko Senegal, dan Jepang,” imbuhnya.

Baca Juga:
Ambisi Besar Pelatih Vietnam di Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Ternyata Jadi Patokannya

“Pot ketiga diperkuat Polandia, Kanada, Ekuador, Venezuela, Iran, dan Korea Selatan. Pot keempat dihuni beberapa negara yang gak terlalu kuat, yakni Uzbekistan, Mali, Burkina Faso, dan Panama,” lanjutnya.

Sebetulnya, sampai saat ini FIFA belum menentukan pembagian pot untuk babak undian grup Piala Dunia U-17 2023. Selain itu, pembagian potnya juga tidak akan disesuaikan dengan ranking FIFA.

Pasalnya, koefisien yang menjadi perhitungan penentuan pot ini akan didasarkan pada performa masing-masing negara pada kejuaraan Piala Dunia U-17 sebelumnya.

Baca Juga:
5 Efek Negatif Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Risiko Penyakit

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan kanal YouTube Cetakgol IDN ini tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Pasalnya, FIFA sampai saat ini belum merilis koefisien perhitungan untuk menentukan pot undian Piala Dunia U-17 2023. Tak hanya itu, kanal YouTube ini juga menyampaikan informasi yang kurang tepat soal penentuan pot pada babak drawing.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More