Rauhanda Riyantama
Ferry Paulus (kedua kiri) terpilih sebagai direktur utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) gantikan Akhmad Hadian Lukita (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Bolatimes.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus berencana menerapkan aturan baru di Liga 2 2023/2024. Di mana setiap klub bisa menggunakan dua pemain asing.

Meski demikian, Ferry Paulus mengaku masuk menunggu persetujuan PSSI. Selain itu, aturan lainnya adalah di mana setiap tim harus menurunkan satu pemain U-21 sebagai starter.

Ini disampaikan Ferry Paulus usai menggelar owners meeting bersama peserta Liga 2 2023/2024, Selasa (27/6/2023) sore. Sebelumnya, memang sudah ada wacara kompetisi kasta kedua di Indonesia itu menggunakan pemain asing.

Baca Juga:
Daftar Lengkap Tim Promosi dan Degradasi di 6 Liga Top Eropa, Premier League Penuh Kejutan

Adapun Liga 2 dijadwalkan kick-off pada September mendatang. Ferry Paulus menjelaskan pemakaian dua legiun asing adalah hasil owner meeting.

Memang ada beberapa tim yang tidak setujuh soal pemakian dua legiun asing. Oleh sebab itu, LIB akan laporan ke PSSI minta persetujuan.

"Soal pemain asing, sudah kami sampaikan beberapa regulasinya. Untuk klub, ada yang bilang oke, ada yang bilang tidak," kata Ferry Paulus usai owners meeting di Hotel Sultan, Jakarta.

Baca Juga:
PT LIB Bocorkan Jadwal Kick Off Liga 2 2023/2024, Cek di Sini!

"Pemain asingnya satu plus satu. Jadi satu dari Asia dan satu non-Asia. Ini yang akan kami rekomendasikan kepada PSSI," jelasnya.

Namun, klub Liga 2 tak bisa mendatangkan pemain asing asal-asalan. Misalnya, saat didatangkan sang pemain berasal dari strata kompetisi yang telah ditentukan.

"Untuk paling tidak, strata pemain asing satu tingkat di bawah Liga 1," ucap lelaki asal Manado tersebut.

Baca Juga:
Efek Elkan Baggott, Akun Medsos Ipswich Town Diserbu Netizen Indonesia

LIB juga bakal menerapkan aturan untuk seluruh klub Liga 2 buat memainkan minimal satu pemain U-21. Sang pemain harus tampil sebagai starter mininal selama 45 menit.

"Kalau di Liga 1 ada kewajiban pemain U-23, di Liga 2 wajib minimal satu pemain U-23 dengan durasi bermain sama seperti Liga 1," pungkas mantan direktur olahraga Persija Jakarta itu.

Baca Juga:
Pernah Dihajar Gol dan Assist oleh Marselino Ferdinan, KV Oostende Resmi Degradasi ke Kasta Kedua

Load More