Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Pratama Arhan pindah agama. (TikTok/@arrlmeiy)

Bolatimes.com - Belakangan ini, muncul sejumlah video di TikTok yang menyebutkan bahwa Pratama Arhan pindah agama karena pacarnya. Salah satu video ini diunggah oleh akun TikTok @arrlmeiy.

Akun TikTok tersebut menyebutkan bahwa Pratama Arhan memutuskan untuk pindah agama agar bisa seiman dengan pacarnya yang beragama Kristen. Bahkan, video ini juga menampilkan sebuah potongan layar dari berita.

Potongan tersebut menampilkan sosok ibunda Pratama Arhan yang tengah menangis. Bahkan, judul berita dalam potongan gambar tersebut juga sudah diubah sesuai dengan narasi yang ingin disampaikan.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Presiden FIFA Kecam Lionel Messi karena Tak Mau Tanding di Indonesia

“Tangis Ibunda Pratama Arhan Pecah saat Mengetahui Anaknya (Pratama Arhan) Pindah Agama,” bunyi judul berita yang diselipkan dalam video unggahan akun TikTok @arrlmeiy.

“Pemain Timnas asal Tokyo Verdy Itu Memutuskan untuk Pindah Agama, Mengikut Pacarnya (Shela) yang Beragama Kristen.”

Lantas, benarkah Pratama Arhan memutuskan pindah agama demi seiman dengan pacarnya tersebut? Berikut Bola.com menyajikan cek faktanya.

Baca Juga:
Tak Cuma Lionel Scaloni, Suporter Indonesia Dapat Pujian Selangit dari Pemain Thailand

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Bolatimes.com, sebuah gambar yang menampilkan foto ibunda Pratama Arhan yang tengah menangis itu sebetulnya diambil pada momen Piala AFF 2020.

Ketika itu, ibunda Pratama Arhan menangis karena anaknya berhasil menyumbang gol di laga semifinal Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia melawan Malaysia.

Baca Juga:
Sama-sama Bermain di Korea Selatan, Pemain Vietnam Ini Disebut Hanya Numpang Tenar: Beda Banget dengan Asnawi Mangkualam

Karena kontribusi anaknya itu, Indonesia mampu memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 atas Singapura. Keberhasilan inilah yang disambut tangisan haru serta sujud syukur oleh ibunda Arhan.

Namun, artikel berita yang diunggah oleh akun TikTok @aarlmeiy itu sudah dimanipulasi dan disesuaikan dengan narasi yang hendak dibangun soal keputusan Pratama Arhan pindah agama.

Padahal, tidak ada pemberitaan apa pun yang mengabarkan soal keputusan Arhan berganti keyakinan.

Baca Juga:
Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Kebanggaan Asia, Ini Sebabnya

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa video unggahan akun TikTok @arrlmeiy itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Bahkan, narasinya mengandung informasi yang menyesatkan.

Karena tidak dapat dibuktikan kebenarannya, maka narasi yang diunggah oleh akun TikTok ini dapat dikategorikan sebagai hoaks alias berita palsu.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More