Irwan Febri Rialdi
Presdien FIFA, Gianni Infantino memberikan pidato saat kongres FIFA di Moskow (13/6) [Mladen Antonov/AFP]

Bolatimes.com - Belakangan ini, akun TikTok @wartainformasi1 mengunggah sebuah video yang narasinya menyebutkan bahwa Presiden FIFA mengecam Lionel Messi karena tak bersedia bertanding melawan Timnas Indonesia.

Narasi semacam ini sudah muncul pada bagian awal video. Akun TikTok @wartainformasi1 menyelipkan sebuah tulisan yang menyebut bahwa Presiden FIFA mengecam Lionel Messi karna tak bertanding bersama Timnas Argentina.

Momen ini terjadi ketika Indonesia dan Argentina berjumpa pada FIFA Matchday periode Juni 2023 yang saat itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.

Baca Juga:
Tak Cuma Lionel Scaloni, Suporter Indonesia Dapat Pujian Selangit dari Pemain Thailand

“Presiden FIFA kecam Messi karena tidak mau bertanding dengan Indonesia. Ini adalah masalah serius bagi Timnas Argentina,” bunyi tulisan yang disematkan akun TikTok @wargainformasi1 pada video unggahannya tersebut.

Lantas, benarkah Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberikan kecaman kepada Lionel Messi karena tak bersedia bertanding melawan Timnas Indonesia? Berikut Bolatimes.com menyajikan ulasannya.

PENJELASAN

Baca Juga:
Sama-sama Bermain di Korea Selatan, Pemain Vietnam Ini Disebut Hanya Numpang Tenar: Beda Banget dengan Asnawi Mangkualam

Jika menelusuri keseluruhan isi video yang berdurasi 1:26 menit ini, akun TikTok @wartainformasi1 menyelipkan sebuah potongan video yang memperlihatkan Gianni Infantino tengah berbicara dengan bahasa Italia.

Dalam narasi subtitle yang disajikan, Gianni Infantino menyebut bahwa pihaknya sudah memberikan peringatan kepada Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) karena Lionel Messi enggan bertanding.

“Kami dari FIFA sudah datang berkunjung ke sana (Kantor AFA). Sudah banyak yang saya bicarakan dengan asosiasi AFA terutama permasalahan saat ini,” tulis subtitle dalam video tersebut.

Baca Juga:
Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Kebanggaan Asia, Ini Sebabnya

“Saya sangat kecewa dengan pemain ini (Lionel Messi). Saya sudah katakan pada Presiden AFA jika pemain terus-terusan egois jangan salahkan saya jika tim ini (Argentina) dipandang jelek kancah sepak bola dunia.”

Melalui penelusuran Bolatimes.com, sebetulnya tidak ada sama sekali pernyataan Gianni Infantino yang berisi kecaman untuk Lionel Messi. Besar kemungkinan, subtitle dalam video tersebut dimanipulasi oleh kreatornya.

KESIMPULAN

Baca Juga:
Erick Thohir Kaget, Perputaran Uang di Liga 1 Indonesia Capai Rp 9 Triliun

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi yang diunggah oleh akun TikTok @wartainformasi1 soal kecaman Presiden FIFA kepada Lionel Messi tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Narasi semacam ini dapat dikategorikan sebagai hoaks dan informasi yang menyesatkan. Sebab, subtitle dalam video tersebut telah dimanipulasi oleh kreator video tersebut karena tak mencerminkan arti sesungguhnya dari Gianni Infantino.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More