Rauhanda Riyantama
Jenson Seelt gabung Sunderland. (Instagram/sunderlandafcofficial)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Jenson Seelt, bek jangkung keturunan Indonesia yang belum lama ini bergabung tim kasta kedua Liga Inggris, Sunderland.

Di musim 2023/2024 mendatang, pecinta sepak bola Indonesia berpotensi melihat duel antara dua pemain keturunan di kasta kedua Inggris atau Divisi Championship.

Adapun dua pemain keturunan yang dimaksud tersebut adalah Elkan Baggott yang membela Ipswich Town dan Jenson Seelt yang baru bergabung Sunderland.

Baca Juga:
Disinggung Sampai Kapan Timnas Indonesia Butuh Pemain Naturalisasi? Indra Sjafri Respons Menohok

Elkan Baggott sendiri terbilang sudah lama membela Ipswich Town dan kini berstatus penggawa Timnas Indonesia senior.

Sedangkan Jenson Seelt baru saja bergabung Sunderland dari akademi PSV Eindhoven pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Bek berusia 19 tahun ini datang bersamaan dengan transfer adik dari Jude Bellingham, yakni Jobe Bellingham yang diboyong dari Birmingham City.

Baca Juga:
5 Pemain Bintang yang Tak Pernah Juara Liga Champions hingga Pensiun

Bergabungnya Jenson Seelt ke Sunderland membuatnya kemudian menjadi perbincangan. Apalagi dengan statusnya sebagai pemain keturunan.

Lantas, siapakah sosok Jenson Seelt tersebut? Bagaimana sepak terjangnya sehingga membuat Sunderland memboyongnya? Berikut rekam jejaknya.

Profil Jenson Seelt

Baca Juga:
Kiper Keturunan Indonesia Emil Audero Mulyadi Jadi Rebutan 3 Klub Serie A Italia, Termasuk Inter Milan

Jenson Seelt merupakan pemain keturunan Indonesia yang berposisi sebagai bek tengah. Ia lahir pada 23 Mei 2003 di Ede, Belanda.

Pemain berpostur 192 cm ini diketahui memiliki darah Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Ambon, Maluku, yang membuatnya berhak membela skuad Garuda di level internasional.

Karena lahir di Ede, Jenson Seelt pun tumbuh dan berkembang di Belanda, termasuk dalam kariernya sebagai pesepakbola.

Baca Juga:
Pemain Terkaya Dunia, Dua Kali Lawan Persija Jakarta dengan Klub Berbeda Berakhir Kalah

Ia mengawali karier sepak bolanya di akademi NEC Nijmegen hingga 2017, sebelum menyeberang dan bergabung akademi PSV Eindhoven.

Di akademi PSV, Jenson Seelt mampu naik tingkatan setiap tahunnya, di mana ia tercatat pernah membela tim U-17, tim U-18, hingga tim U-21.

Di level kelompok umur PSV itu, Jenson Seelt mampu mencatatkan 91 penampilan dengan sumbangan delapan gol dan tiga assist.

Catatan itu sempat membuatnya dimasukkan ke tim utama PSV. Ia bahkan mendapatkan debutnya kala timnya menghadapi PEC Zwolle di laga terakhir Eredivisie 2021/2022 lalu.

Setelah debutnya itu, Jenson Seelt masuk menjadi bagian tim utama untuk musim 2022/2023. Sayangnya, ia tak mendapat kesempatan bermain dan harus bermain di Eerste Divisie atau kasta kedua Belanda.

Meski tak mendapat kesempatan di tim utama, pesona Jenson Seelt membuat Sunderland tertarik dan kemudian memboyongnya pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Tak tanggung-tanggung, Sunderland memboyongnya dari PSV dengan dana cukup fantastis untuk pemain muda dan tim kasta kedua Inggris, yakni 2 juta euro (Rp32 miliar).

Karena diboyong Sunderland, Jenson Seelt pun akan menjadi pemain keturunan Indonesia kedua yang akan berkiprah di Divisi Championship setelah Elkan Baggott bersama Ipswich Town.

Jika keduanya masuk ke tim utama untuk musim 2023/2024, bukan tidak mungkin dua bek jangkung ini akan beradu di Divisi Championship musim depan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More