Rauhanda Riyantama
Trofi Piala Dunia U-17 2023. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru. Selain itu, FIFA juga mengumumkan tuan rumah ajang Piala Dunia Wanita U-17 dan U-20 serta Piala Dunia Futsal yang semuanya digelar pada 2024.

Piala Dunia U-17 sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Peru. Namun, status itu dicabut karena Peru belum siap dalam hal infrastruktur.

Mengenai jadwal piala dunia U-17, FIFA belum memberikan pengumuman tanggal maupun bulan pelaksanaan secara pasti. Sejauh ini, FIFA masih menjadwalkan Piala Dunia U-17 FIFA 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Baca Juga:
Piala Dunia U-17 Bentrok dengan Konser Coldplay di SUGBK, Erick Thohir akan Cari Solusi

Tertulis di thestar.com, para analis menilai pembekuan FIFA Forward Fund baru-baru ini sebagai penalti atas kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak mengganggu kapasitas Indonesia untuk menjadi tuan rumah pertandingan U-17, tetapi masih akan menjadi cobaan yang menantang untuk diatasi.

Para analis juga menilai bahwa FIFA menawarkan Indonesia dengan posisi sebagai tuan rumah, kemungkinan besar akan menjadi isyarat untuk menghibur publik Indonesia yang kecewa. Maka, tantangan terbesar dari pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah adalah memulihkan reputasi Indonesia yang gagal sebelumnya. 

Terlepas dari posisi tuan rumah U-17, Indonesia masih berkomitmen untuk meningkatkan infrastruktur sepak bolanya, dengan 22 stadion sepak bola di seluruh negeri sudah ditetapkan untuk renovasi. Keputusan FIFA juga berarti negara itu jelas masih punya kesempatan bersaing di SEA Games mendatang. 

Baca Juga:
Erick Thohir Beri Bocoran soal Stadion yang Dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023

Alasan pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah sendiri tidak disebutkan oleh FIFA. Hal ini menarik perhatian publik, namun ada beberapa hal yang bisa jadi menjadi faktor yang menjadi alasan kenapa FIFA mempercayakan posisi tersebut kepada Indonesia.

Para analis meyakini FIFA melihat Indonesia sudah siap karena sebelumnya ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 meski akhirnya dibatalkan akibat penolakan keikutsertaan Timnas Israel. Dari kesiapan fasilitas tersebut, maka FIFA menjatuhkan pilihan kembali kepada Indonesia. 

Selain menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17, Dewan FIFA juga menetapkan negara-negara berikut sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia yang berbeda. 

Baca Juga:
Jadwal Drawing Piala Dunia U-17 2023, Digelar di Jakarta

1. Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024
2. Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024
3. Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024.

(Kontributor: Mutaya Saroh)

Baca Juga:
Erick Thohir Ungkap Jadwal TC Timnas Indonesia U-17 untuk Persiapan Piala Dunia U-17 2023

Load More