Husna Rahmayunita
Suporter Timnas Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih saat laga persahabatan FIFA di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). Pertandingan Indonesia melawan Bangladesh berakhir dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-17 dipastikan bakal berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Kepastian itu didapat usai FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi.

Sejarah baru sepak bola Indonesia, Timnas Indonesia U-17 bakal berlaga di Piala Dunia U-17 yang digelar di Tanah Air tahun ini.

FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, sebulan setelah dicabutnya status tuan rumah Piala Dunia U-21 2023.

Baca Juga:
Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky, Dua Pemain Timnas Indonesia U-17 yang Pernah Dipromosikan Shin Tae-yong

Kabar ini diketahui lewat rilis resmi FIFA pada Jumat (23/6/2023) malam WIB dan langsung mendapat sambutan positif dari banyak pihak.

Termasuk Ketum PSSI, Erick Thohir yang mengungkap rasa syukur melalui tulisan yang diunggah pada akun Instagram pribadi.

Piala Dunia U-17 2023 digelar pada 12 November hingga 10 Desember 2023, Indonesia dipilih setelah Peru memilih mundur sebagai tuan rumah karena alasan kesiapan.

Baca Juga:
Media Vietnam Iri, Sebut Indonesia Sebagai Anak Kesayangan FIFA Karena Ditunjuk jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Peru dianggap tidak komitmen dalam pemenuhan infrastruktur untuk Piala Dunia U-17, sehingga FIFA mencabut status tuan rumah mereka dan memberikan kepada Indonesia.

Terlepas dari itu, penunjukkan tuan rumah Piala Dunia U-17 membuat Indonesia mencatat sejarah baru untuk kali pertama berlaga di ajang ini.

Sejak kali pertama digelar pada 1985 di China, Indonesia selalu gagal melaju ke putaran final kompetisi ini karena selalu rontok di babak kualifikasi.

Baca Juga:
Bukan Karena Faktor Kasihan, Ini Alasan Presiden FIFA Pilih Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Pada 2017 lalu, Indonesia yang kena sanksi FIFA juga gagal mentas saat turnamen digelar di India.

Kesempatan tahun ini menjadi kali pertama Indonesia tampil di putaran final Piala Dunia U-17 2023 sebagai tuan rumah.

Tentunya siapa pun pelatih dan pemain yang terpilih menukangi Timnas Indonesia U-17 di ajang ini tak boleh menyianyiakan kesempatan.

Baca Juga:
Tak Ingin Marselino Ferdinan Cs Jenuh dan Tumbang, Erick Thohir Pertimbangkan Agenda Timnas Indonesia

Termasuk Indonesia, saat ini sudah ada 20 negara yang telah memastikan bakal tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Di antaranya Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal, Kanada, Meksiko, Panama, Kaledonia Baru, Inggris, Prancis, Selandia Baru, Jerman, Spanyol dan Polandia.

Kontributor: Eko
Load More