Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1 pada laga Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [Twitter resmi Piala AFF]

Bolatimes.com - Belakangan ini, muncul rumor yang menyebutkan bahwa Timnas Indonesia akan menggelar laga persahabatan melawan Timnas Malaysia pada agenda FIFA Matchday periode September 2023.

Munculnya isu laga uji coba antara Timnas Indonesia melawan Malaysia ini sempat diunggah oleh salah satu akun Instagram asal Negeri Jiran, @ekorharimaumalaya.

“Malaysia dikabarkan akan bertemu Indonesia dalam perlawanan persahabatan antarbangsa (FIFA Matchday) pada September nanti, selain China yang telah bersetuju. Perlawanan persahabatan ini dikatakan telah diatur oleh kedua pemimpin negara,” tulis Ekor Harimau Malaya, dikutip pada Jumat (23/6/2023).

Baca Juga:
Nama Pratama Arhan Sudah Sampai Media Argentina, Klub Top Argentina Gak Tertarik Meminangnya?

“Dua-dua negara dalam fasa prestasi dan semangat tinggi. Memang terbaik jumpa masa ini. Bring it on. Betul ke ini? Suatu perlawanan untuk latihan yang bagus untuk Malaysia,” lanjut Ekor Harimau Malaya.

PENJELASAN

Sampai saat ini, PSSI memang masih belum mengumumkan negara mana saja yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia pada pertandingan FIFA Matchday periode September 2023.

Baca Juga:
Pemain Argentina Singgung Penggawa Naturalisasi Timnas Indonesia, Begini Katanya

Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, sempat memberikan respons soal munculnya isu Timnas Indonesia berjumpa Malaysia ini yang sudah semakin liar di media sosial.

Arya mengatakan, PSSI bakal mencari lawan yang level kekuatannya berada di atas Timnas Indonesia pada FIFA Matchday September mendatang. Menurutnya, lawan seperti ini bakal menjadi momentum untuk meningkatkan mental skuad Garuda.

"Kami akan mencari lawan yang ranking FIFA nya di atas timnas Indonesia. Tapi yang pasti, Timnas Indonesia wajib menang demi mendapatkan poin," ucap Arya Sinulingga kepada awak media.

Baca Juga:
10 Pemain ASEAN di Liga 1 2023/2024, Negara yang Belum Pernah Juara Piala AFF Ini Laku Paling Keras

"Seperti apa kata Pak Erick Thohir (Ketum PSSI), ada yang namanya kami harus mencari poin untuk naik peringkat, Ada yang uji mental dan ada juga yang uji nyali. Nah uji mental itu melawan negara yang posisinya 100 besar,” ujarnya.

Berdasarkan penjelasan itu, maka Malaysia tak termasuk kriteria yang dicari PSSI. Sebab, saat ini Malaysia masih berada di peringkat ke-138 dunia.

KESIMPULAN

Baca Juga:
4 Wasit Berlisensi FIFA yang Gagal Lolos Seleksi di Liga 1 2023-2024, Ada Pengadil Indonesia vs Argentina

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa rumor yang menyebutkan bahwa Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada FIFA Matchday periode September 2023 masih sebatas isu.

Rumor semacam itu juga cukup mudah menyedot perhatian publik mengingat adanya rivalitas panas antara pendukung Timnas Indonesia dan Malaysia. Yang jelas, kabar ini belum mendapatkan konfirmasi secara resmi dari kedua federasi.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More