Rauhanda Riyantama
Kiper Argentina, Emiliano Martinez berlatih jelang lawan timnas Indonesia. (Instagram/afaseleccion)

Bolatimes.com - Sebuah kanal YouTube bernama INJURY TIME TV membuat sebuah kabar yang menyebutkan bahwa kiper Argentina, Emiliano Martinez, kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Kanal YouTube INJURY TIME TV menyebutkan bahwa lemparan ke dalam Pratama Arhan sangat luar biasa, bahkan tak pernah ditemui di Piala Dunia 2022. 

“Emiliano: Di Piala Dunia Pun Gak Ada yang Seperti Itu! Kena Ulti Lemparan ke Dalam,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube INJURY TIME TV dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
Fenerbahce Resmi Datangkan Striker Inter Milan, Ini Sosoknya

“Marties sampai terkagum-kagum langsung beri respon mengejutkan,” begitu tulisan yang ada di thumbnail video tersebut.

Penjelasan CEK FAKTA

Video berdurasi 5 menit 43 detik tersebut telah disaksikan lebih dari 15 ribu penonton sejak pertama kali diunggah pada Selasa (20/6).

Baca Juga:
Daftar Lawan yang Tepat Buat Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2023

Sebagian besar isi video tersebut membahas soal pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina yang berakhir untuk kemenangan La Albiceleste 2-0.

Kanal YouTube INJURY TIME TV ini baru membahas soal lemparan ke dalam Pratama Arhan ke area kotak penalti Timnas Argentina mulai dari menit 4:00 hingga akhir video.

Narator dalam video ini menyinggung soal unggahan Emi Martinez melalui akun Instagram pribadinya. Salah satu foto dalam unggahan tersebut adalah ketika dia terbang untuk menghalau tandukan Elkan Baggott yang memanfaatkan lemparan Arhan.

Baca Juga:
Janji Jordi Amat usai Timnas Indonesia Gagal Menang di FIFA Matchday Lawan Palestina dan Argentina

Menilik fakta yang ada, isi video ini tidak ada sama sekali yang memuat soal pernyataan Emi Martinez. Kiper Aston Villa tersebut cuma mengunggah video aksinya di atas lapangan.

Kesimpulan

Dari cek fakta yang dilakukan, tidak ada satupun narasi dalam video yang menyebutkan bahwa Emiliano Martinez memberi pujian terhadap lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Baca Juga:
Profil David Gonzalez, Striker Asing Baru Persis Solo

Ada ketidaksesuaian antara judul yang digunakan dengan isi yang disajikan dalam konten video INJURY TIME TV.

Oleh karena itu, video dan narasi yang dibagikan oleh kanal YouTube tersebut bisa dikategorikan kedalam false-connection atau koneksi yang salah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More