Rauhanda Riyantama
Gelandang AZ Alkmaar Tijjani Reijnders. [Instagram/@tijjanir]

Bolatimes.com - Sosok Tijjani Reijnders kini tengah jadi sorotan netizen setelah menjadi incaran raksasa Italia, AC Milan. Tentu ini jadi kabar baik di tengah upaya PSSI mencari pemain keturunan grade A untuk membela Timnas Indonesia.

Kabar Tijjani Reijnders diincar AC Milan dibagikan oleh akun Instagram @footballtalentnesia. Dalam keterangannya, gelandang 24 tahun itu diproyeksikan untuk menggantikan Ismael Bennacer.

''Tijjani Reijnders menarik minat dari pihak Serie A AC Milan. AC Milan sedang mengevaluasi gelandang AZ Alkmaar itu sebelum memutuskan membuka negosiasi. Dia akan menjadi pengganti Ismael Bennacer,'' demikian pernyataan akun @footballtalentnesia.

Baca Juga:
Kejutan, Marco Simic CLBK ke Persija Jakarta

Tijjani Reijnders kini memang tengan tampik apik bersama AZ Alkmaar. Musim lalu ia mampu mengemas 34 penampilan dengan koleksi 3 gol dan 7 assist.

Lantas, bagaimana kiprah dari Tijjani Reijnders ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Tijjani Reijnders

Baca Juga:
Soroti Pemain Keturunan Indonesia yang Hafal Indonesia Raya, Media Malaysia Kritik Naturalisasi Harimau Malaya

Tijjani Reijnders merupakan pesepakbola kelahiran Zwolle, Belanda, pada 29 Juli 1998. Saat ini ia bermain untuk klub Eredivisie, AZ Alkmaar.

Adapun darah Indonesia yang mengalir di tubuh pemain berusia 24 tahun itu didapatkan dari sang ibu yang merupakan orang Maluku. 

Kiprah Reijnders di kancah sepak bola telah bermula sejak muda, di mana ia mengawali karier bersama tim muda FC Twente. Hanya saja ia bermain di FC Twente hingga tim U-17 sebelum dilepas ke CSV ’28 dan bermain selama satu tahun sejak 2015 hingga 2016.

Baca Juga:
CEK FAKTA: FIFA Tak Percaya Timnas Indonesia Cuma Kalah 0-2 dari Argentina

Pada 2016, Reijnders bergabung tim tanah kelahirannya. PEC Zwolle U-19 di mana ia lantas naik tingkat dan tampil di tim utama klub Eredivisie itu.

Di PEC Zwolle pun Reijnders hanya bermain satu tahun saja. Pada 2017, ia menyeberang ke tim U-21 AZ Alkmaar dan naik ke tim utama pada 2018.

Pada 2020, ia sempat dipinjamkan ke RKC Waalwijk selama enam bulan yakni sejak Januari hingga Juni. Setelahnya anak dari eks penyerang FC Zwolle, Martin Reijnders, ini kembali ke AZ Alkmaar dan bermain di tim utama.

Baca Juga:
Lionel Scaloni, Full Senyum Lawan Prancis tapi Tegang saat Lawan Timnas Indonesia

Penampilan Reijnders di musim 2022/23 sendiri tengah impresif. Ia selalu turun sebagai starter untuk AZ Alkmaar dari 32 penampilan Eredivisie dengan torehan 4 gol dan 6 assist.

Atas performa apik itu, Tijjani Reijnders akhirnya dipanggil ke skuad Timnas Belanda untuk melakoni semifinal UEFA Nations League bulan depan.

Sebelumnya, ia sempat diminati Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, tetapi dikabarkan ia menolak untuk menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia.

Untuk kariernya di tim nasional Belanda sendiri, Tijjani Reijnders sempat menjadi bagian dari Belanda U-20.

Load More