Rauhanda Riyantama
Muhammad Usaid Bin Jamal, wasit asal Malaysia yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Argentina. (Youtube)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Muhammad Usaid Bin Jamal, wasit asal Malaysia yang memimpin laga Timnas Indonesia vs Argentina, Senin (19/6) malam WIB.

Belum lama ini, Timnas Indonesia melakoni laga bersejarah dengan menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dalam laga melawan juara Piala Dunia 2022 itu, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tamunya itu dengan skor 0-2.

Baca Juga:
Hampir Bobol Gawang Emiliano Martinez, Elkan Baggott Justru Sanjung Kualitas Lemparan ke Dalam Pratama Arhan

Dua gol Argentina ke gawang skuad Garuda masing-masing dicetak lewat Leandro Paredes di menit ke-38 dan Cristian Romero di menit ke-55.

Sepanjang laga tersebut, kedua tim bermain apik dan menghibur seluruh penonton yang memenuhi GBK maupun yang menyaksikannya di layar kaca.

Permainan menghibur yang tercipta di laga tersebut sendiri tak lepas dari kepemimpinan wasit pertandingan, yaki Muhammad Usaid bin Jamal.

Baca Juga:
3 Aksi Gocekan Marselino Ferdinan saat Lawan Argentina, Lewati Garnacho hingga Kolongi Palacios

Wasit asal Malaysia itu memimpin laga dengan baik dan mengeluarkan keputusan-keputusan yang tepat bagi Timnas Indonesia maupun Argentina.

Sosoknya menjadi sorotan di laga itu karena banyak yang menganggap dirinya adalah wasit asal Indonesia, karena kesamaan perawakan dan juga tekstur wajahnya.

Lantas, siapakah sosok Muhammad Usaid bin Jamal tersebut? Berikut profil dan sepak terjangnya sebagai pengadil di lapangan hijau.

Baca Juga:
Usai Tahan Imbang Thailand, Negara Peringkat 156 Dunia Kembali Bikin Kejutan Tumbangkan Filipina

Pimpin Laga Indonesia vs Palestina

Muhammad Usaid bin Jamal merupakan wasit asal Malaysia yang mengantongi lisensi FIFA dan kerap memimpin laga-laga internasional.

Sepak terjangnya sebagai wasit lisensi FIFA di laga-laga internasional tak hanya terlihat dari laga Timnas Indonesia vs Argentina semata, melainkan juga laga-laga lainnya.

Baca Juga:
Momen Terenyuh Alejandro Garnacho sebelum Dikantongi Asnawi Mangkualam

Diketahui, pria yang akrab disapa Usaid Jamal ini sempat memimpin laga Timnas Indonesia lainnya yakni kala melawan Palestina di FIFA Matchday Juni 2023, Rabu (14/6).

Selain itu, Usaid Jamal sendiri juga menjadi andalan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk turnamen-turnamen yang digelar.

Tercatat ia pernah diberi mandat memimpin laga-laga di Piala Asia U-19 2019, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, dan Piala Asia U-23 2020.

Hebatnya lagi, Usaid Jamal juga pernah memimpin turnamen di bawah naungan FIFA, seperti Piala Dunia U-17 pada tahun 2019 lalu.

Tak hanya memiliki sepak terjang di kancah internasional, Usaid Jamal pun juga kerap ditunjuk untuk memimpin laga-laga di Liga Malaysia.

Kehebatannya sebagai wasit juga terlihat dari rekam jejaknya yang ternyata pernah menjadi wasit VAR (Video Assistant Referee), yang kian menunjukkan kualitasnya dalam memimpin laga.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More