Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia hanya ditarget bermain imbang oleh PSSI saat melawan Argentina pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Bahkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjanji akan memberikan bonus ke pemain Timnas Indonesia jika berhasil menahan imbang Argentina.

Hasil imbang sendiri menjadi target yang realistis untuk Timnas Indonesia. Pasalnya, akan sangat sulit mengalahkan La Albiceleste yang merupakan juara Piala Dunia dan peringkat satu dunia.

Baca Juga:
Usai Thailand Ditahan Imbang Negara Peringkat 156 Dunia, Mano Polking Bikin Pernyataan Mengejutkan

Kendati hanya memasang target imbang, hasil ini ternyata punya beberapa dampak positif buat Timnas Indonesia. Berikut ulasannya!

1. Poin untuk Dongkrak Posisi

Saat ini Timnas Indonesia menduduki peringkat ke-150, turun satu peringkat dari sebelum FIFA Matchday Juni 2023 dimulai. Posisi Indonesia disalip wakil Afrika, Botswana yang mengalahkan Libya.

Baca Juga:
3 Kelemahan Timnas Indonesia yang Harus Dibenahi saat Lawan Argentina

Timnas Indonesia bisa kembali menyalip Botswana asalkan minimal bermain imbang atas Argentina. Jika imbang atas Argentina, Timnas Indonesia menempatkan 4,55 poin.

Tambahan 4,55 poin membuat koleksi poin Timnas Indonesia menjadi 1,052.46 angka. Hasil itu sudah cukup bagi Timnas Indonesia untuk melewati perolehan poin Botswana.

2. Jadi Sorotan Dunia

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia Lawan Argentina, Ivar Jenner Dapat Suntikan Semangat

Timnas Indonesia tentu akan jadi sorotan dunia andai mampu mengalahkan Argentina dalam laga nanti malam. Meski demikian tak mudah bagi tim besutan Shin Tae-yong untuk merealisasikannya.

Dilihat dari segi peringkat, Timnas Indonesia tertinggal jauh dari Argentina. Skuat Garuda berada di peringkat 149 dunia, sementara La Albicelester berada di puncak.

3. Kesempatan Dilirik Tim Besar

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina

Hasil positif yang didapatkan bisa membuat peluang para pemain Timnas Indonesia untuk dilirik tim besar kian besar. Terlebih bagi para pemain yang berkarier di luar negeri.

Keberhasilan menaham imbang negara ranking satu plus juara dunia tentu akan menjadi rekam jejak mentereng. Apalagi jika mampu memberikan kontribusi berupa gol atau assist hingga clean sheet.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More