Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp)

Bolatimes.com - Berikut tiga negara yang akan dilewati Indonesia di ranking FIFA andai bisa menahan imbang Argentina pada uji coba internasional di bulan Juni 2023 ini.

Dalam hitungan jam saja, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tamu agung yakni Argentina dalam agenda FIFA Matchday, Senin (19/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Argentina dianggap tamu agung karena mereka datang dengan status mentereng, yakni kampiun Piala Dunia 2022 dan tim peringkat pertama FIFA.

Baca Juga:
Kocak, Momen Reporter TV Argentina Lakukan Live di Jakarta Sambil Makan Bubur

Sebagaimana diketahui, tim besutan Lionel Scaloni ini baru enam bulan lalu merengkuh gelar tertinggi yakni Piala Dunia di Qatar.

Berkat performanya dan keberhasilannya menjuarai Piala Dunia 2022 itu, Argentina pun kini menjadi negara di posisi pertama ranking FIFA.

Berbicara soal ranking FIFA, posisi Argentina yang ada di urutan pertama, unggul jauh atas Timnas Indonesia yang ada di peringkat ke-150.

Baca Juga:
Media Argentina Bandingkan Harga Skuad Timnas Indonesia Hanya Setara Satu Wonderkid Tim Tango

Karena perbedaan ranking yang amat jauh ini, Timnas Indonesia pun berpotensi meraih tambahan poin jika mampu menang atau menahan imbang lawannya itu.

Jika menang atas Argentina, Timnas Indonesia akan mendapat 9,55 poin. Lalu jika imbang akan mendapatkan 4,55 poin, dan kekalahan hanya akan membuat skuad Garuda mendapat pengurangan 0,45 poin.

Mencari kemenangan atas Argentina bukanlah perkara mudah. Akan tetapi, Timnas Indonesia berpeluang menahan imbang lawannya itu dan mengantongi tambahan 4,55 poin.

Baca Juga:
PSSI Konfirmasi Presiden Jokowi akan Nonton Langsung Laga TImnas Indonesia vs Argentina

Jika bisa imbang atas Argentina dan mendapat 4,55 poin, Timnas Indonesia pun berpotensi naik ranking dan menggusur tiga negara yang ada di atasnya. Negara mana saja itu?

3. Liberia

Jika berhasil imbang atas Argentina, raihan 4,55 poin yang didapat Timnas Indonesia bisa membawanya menggusur Liberia di peringkat ke-149.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Argentina, Kick Off Malam Ini

Liberia yang memiliki poin 1049,94 poin, untuk saat ini hanya unggul 2,03 poin saja atas Timnas Indonesia yang memiliki 1047,91 poin usai imbang atas Palestina.

Posisi Liberia bisa saja tergusur karena saat Timnas Indonesia bersua Argentina, negara asal Afrika itu tak melakoni laga FIFA Matchday di Juni 2023 ini.

2. Hong Kong

Secara matematis, Timnas Indonesia sejatinya belum bisa menggusur Hong Kong meski meraih hasil imbang atas Argentina dan mengantongi 4,55 poin.

Tapi, potensi Timnas Indonesia menggusur Hong Kong terbuka lebar, menyusul negara asal Asia Timur itu akan berhadapan dengan Thailand.

Jika Hong Kong kalah dari Thailand dan Timnas Indonesia imbang atas Argentina, maka skuad Garuda akan menggusur Hong Kong di ranking FIFA.

3. Botswana

Dalam perhitungan Football Ranking, Timnas Indonesia saat ini berada di posisi 150, menyusul keberhasilan Botswana naik tingkat.

Botswana naik tingkat karena menang atas tim kuat, Libya di Kualifikasi Piala Afrika, sehingga berhasil mengantongi 15,07 poin.

Meski begitu, poin yang dimiliki Botswana yakni 1052,38 poin bisa saja digusur Timnas Indonesia jika imbang atas Argentina yang membuat skuad Garuda akan mengantongi 1052,46 poin.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More