Irwan Febri Rialdi
Cek fakta PSSI perpanjang kontrak Shin Tae-yong. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola mengunggah sebuah video yang narasinya menyebutkan bahwa PSSI memberikan perpanjangan kontrak kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Menurut kanal YouTube Kreator Bola, perpanjangan kontrak yang diberikan oleh PSSI kepada Shin Tae-yong itu terjadi setelah Timnas Indonesia menghadapi Palestina di agenda FIFA Matchday.

Narasi semacam itu setidaknya sudah tergambar dari judul video yang digunakan oleh kreator video ini yang diunggah pada Kamis (15/6/2023). Sejauh ini, video itu baru ditonton sebanyak 1.800 kali.

Baca Juga:
Profil Bambang Nurdiansyah, Pelatih Senior yang Sentil Naturalisasi Timnas Indonesia, Bandingkan dengan SEA Games

“PSSI Dapat Hidayah! Akhirnya STY Diperpanjang Usai Lawan Palestina – Ini Buktinya,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam video unggahannya tersebut.

Benarkah PSSI sudah memberikan perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-yong untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Indonesia? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Baca Juga:
Momen Shin Tae-yong Keplak dan Jewer Asnawi Mangkualam seusai Sesi Konferensi Pers

Video yang berdurasi 3:09 menit itu setidaknya lebih banyak berbicara soal beberapa hal. Yang pertama ialah performa Timnas Indonesia saat menghadapi Palestina pada laga FIFA Matchday Juni 2023.

Setelah itu, kanal YouTube Kreator Bola ini menyajikan informasi bahwa Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Shin Tae-yong telah berbincang soal bagaimana kelanjutan kontrak antara kedua pihak.

Narator dalam video tersebut menyebut bahwa Erick Thohir sudah memberikan kode bahwa PSSI akan memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan ini karena puas dengan performa skuad Garuda. 

Baca Juga:
Jalani Debut Bersama Timnas Indonesia, Ivar Jenner Langsung Dapat Sambutan dari FC Utrecht

“Pelatih dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, langsung berbicara mengenai bagaimana performa Timnas dan juga jangka panjang Timnas. Erick Thohir pun seolah mengkode dan mengisyaratkan bahwa Shin Tae-yong akan diperpanjang,” ujar narator dalam video tersebut.

“Hal ini lantaran Erick Thohir merasa puas dengan kinerja Shin Tae-yong saat FIFA Matchday melawan Palestina.”

Padahal, sampai saat ini, Erick Thohir sebetulnya belum memberikan keterangan apa pun soal kelanjutan kontrak STY sebagai juru taktik Timnas Indonesia. Yang terbaru, dia hanya mereview persiapan Timnas Indonesia sebelum menghadapi Palestina.

Baca Juga:
4 Pemain Langganan Timnas Indonesia yang Terpinggirkan di Era Shin Tae-yong

"Menjelang big match Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina, saya me-review kembali persiapan yang telah dilakukan oleh coach Shin Tae-yong dan ofisial," tulis Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Rabu (14/6/2023).

"Selama beberapa waktu ke belakang para pemain sudah menjalani serangkaian latihan and development. Kita doakan semoga meraih hasil maksimal," imbuh Erick Thohir.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim kanal YouTube Kreator Bola soal perpanjangan kontrak yang diberikan Ketua Umum PSSI kepada Shin Tae-yong tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi dari PSSI soal perpanjangan kontrak ini. Sehingga, klaim yang disampaikan dalam video tersebut dapat dikategorikan sebagai hoax karena tidak sesuai fakta.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More