Husna Rahmayunita
Rafael Struick debut bersama Timnas Indonesia vs Palestina. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Berikut tiga alasan mengapa pemain muda Timnas Indonesia, Rafael Struick, layak untuk dijadikan starter kala melawan Timnas Argentina.

Nama Rafael Struick tengah melejit usai dirinya mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia kala melawan Palestina, Rabu (14/6).

Meski hanya bermain selama 45 menit di babak pertama, pemain berusia 20 tahun ini mampu tampil brilian dengan memimpin lini serang skuad Garuda bersama Dimas Drajad.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Argentina, Shyane Pattynama Starter

Dalam laga tersebut, kedua tim memang harus puas berbaagi angka, setelah bermain imbang dengan skor kacamata atau 0-0.

Akan tetapi hasil imbang itu tak membuat pamor Rafael Struick meredup karena penampilannya sepanjang permainan.

Hal ini pun menuai pujian dari Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia, yang menyebut penampilannya bersama Ivar Jenner di laga kontra Palestina amat baik.

Baca Juga:
Takjub dengan Suporter Timnas Indonesia, Shayne Pattynama: Ini Sangat Gila

Kini, Rafel Struick akan kembali beraksi bagi Timnas Indonesia saat menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6).

Di laga tersebut, Shin Tae-yong diyakini akan memainkan pemain berpengalaman yang telah berusia gaek untuk menghadapi barisan bintang Argentina.

Akan tetapi, ada tuntutan agar Shin Tae-yong mau memainkan Rafael Struick sejak menit pertama saat melawan Argentina nanti.

Baca Juga:
Say Good Bye Indonesia, Lionel Messi Menuju ke Barcelona usai Laga Melawan Australia

Apalagi jika melihat sederet alasan mengapa penyerang ADO Den Haag itu memang layak diberi kesempatan sebagai starter di laga kontra Argentina. Berikut alasannya.

1. Kreatif

Sebagai penyerang, Rafael Struick ternyata memiliki kreativitas dalam menyerang yang bisa memberikan benefit bagi rekan-rekannya.

Baca Juga:
Puji Debut Rafael Struick, Pemain Belanda Ini Memang Punya Tekad Bela Timnas Indonesia

Di laga melawan Palestina, Rafael Struick terlihat beberapa kali menciptakan peluang dan membuka ruang, yang membuat rekannya bisa melakukan tusukan.

Salah satu kreativitasnya ditunjukkan kala memberi umpan kepada Marselino Ferdinan dengan Backheel, yang hampir membuahkan gol ke gawang Palestina.

2. Pekerja Keras

Berbeda dengan penyerang pada umumnya, Rafael Struick merupakan penyerang bertipe modern yang mampu memberikan tekanan ke lawan dengan Pressing-nya.

Di laga melawan Palestina, Rafael Struick terlihat tak pernah kenal lelah mengejar bola saat para pemain Palestina menguasai bola di area pertahanan sendiri.

Karena kengototannya dalam melakukan Pressing ini, Palestina pun tak nyaman membangun serangan dari lini belakang, sehingga harus melakukan Long Ball atau umpan panjang.

3. Kelincahan untuk Membongkar Pertahanan

Di laga melawan Argentina, Timnas Indonesia diyakini akan bermain bertahan dan memanfaatkan serangan balik untuk menyerang.

Sehingga dibutuhkan penyerang yang lincah seperti Rafael Struick agar bisa memudahkan proses serangan balik cepat dengan maupun tanpa bola.

Di laga melawan Palestina lalu, Rafael Struick menunjukkan Agility-nya itu dengan kemampuannya menggiring bola atau dribel. Saat bermain tanpa bola, ia beberapa kali mampu lepas dari kawalan lawan yang bisa menyulitkan pertahanan lawannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More