Irwan Febri Rialdi
PSM Makassar berhasil keluar sebagai juara BRI Liga 1 2022/2023. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/nym)

Bolatimes.com - PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) resmi kembali menjadi pemegang hak siar Liga 1 2023/2024. Sehingga, kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia itu akan disiarkan via Indosiar dan Vidio.

Direktur Pemrogaman Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad mengaku senang kembali terpilih menjadi pemegang hak siar kompetisi teratas Indonesia itu sejak 2018.

"Tadi apa yang disampaikan pak Erick dan pak Ferry (Ferry Paulus, Dirut LIB) jujur itu membuat kami sangat bangga. Pertama, karena Liga 1 kembali di-launching kembali hari ini dan ini menjadi kami yang berkomitmen sepak bola Indonesia terjawab karena kami sudah menayangkan Liga 1 sejak tahun 2018,” kata Harsiwi saat mengikuti konferensi pers Liga 1 2023/2024 di SCTV Tower, Jakarta, Kamis.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Berpeluang Bikin Ranking FIFA Argentina Terjun Bebas

Terkait pembagian tayangan, Harsiwi menjelaskan bahwa nantinya sebanyak 213 pertandingan disiarkan langsung oleh Indosiar dan sisanya sebanyak 101 laga hanya eksklusif di Vidio.

“Kalo dari jadwal yang dikirimkan LIB, nanti akan ada 213 pertandingan yang akan live di Indosiar dan akan ada 101 yang eksklusif di Vidio, sehingga nanti bisa me-reach seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Harsiwi.

Liga 1 2023/2024 akan dimulai pada 1 Juli 2023 sampai 28 April 2024 dengan dua format yaitu reguler series dan championship series. Sebanyak 18 klub pertama kali akan melakoni babak reguler series akan berlangsung mulai 1 Juli 2023 sampai 28 April 2024 dengan sistem home and away atau kompetisi penuh.

Baca Juga:
Fakta Unik, Selalu Ada Pemain Brasil yang Juara Liga Champions Selama 17 Tahun Terakhir

Setelah itu, empat tim teratas akan melaju ke babak championship series dan akan menggunakan sistem knock-out home and away yang akan dimainkan 4-26 Mei 2024.

Nantinya, tiga tim teratas di babak championship series akan mendapatkan tiket berlaga di kompetisi antarklub Asia musim depan.

Kurang lebih dua minggu jelang Liga 1 bergulir, Harsiwi mengatakan pihaknya telah menyiarkan sejumlah pertandingan uji coba klub-klub Liga 1 untuk menghangatkan atmosfer animo masyarakat jelang bergulirnya kompetisi musim depan.

Baca Juga:
Update Ranking FIFA Timnas Indonesia: Tahan Imbang Palestina, Garuda Ditinggalkan Malaysia

“Pak Ketum PSSI juga pak Ferry sebelum Liga 1 mulai di bulan Juni kita menayangkan friendly match klub-klub di Indonesia sangat banyak sekali tadi disebutkan bahwa hari ini ada Persib lawan Dewa United (15 Juni pukul 19.30 WIB),” kata Harsiwi.

“Jadi friendly match bulan Juni ini ada sekitar 10 match dan ini tujuannya menghangatkan kembali Liga 1 yang akan mulai bergulir pada 1 Juli yang tayang di Indosiar dan Vidio,” imbuhnya.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir, yang juga hadir dalam konferensi pers itu mengatakan jalannya Liga 1 musim depan akan banyak terobosan baru yang di antaranya ada VAR, LED E-Board untuk semua klub, hingga perbaikan kualitas wasit.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Motivasi Berlipat, Rinov/Pitha Ingin Balas Yuta/Arisa di Perempat Final

Lanjut Harsiwi, ia yakin dengan adanya ada terobosan baru ini Liga 1 musim depan akan berjalan lebih meriah yang ke depannya juga dapat meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

“Jadi Insyaallah dengan kepastian dan perkembangan teknologinyg sangat bagus diterapkan, dan segala upaya untuk memperbaiki stadion dan sebagainya, saya yakin liga 1 kali ini tontonan yang diharapkan, yang berkualitas dan at the end juga akan meningkatkan prestasi sepak bola di Indonesia ke kancah internasional dan juga akan mengembangkan industri sepak bola Indonesia,” kata Harsiwi.

(Antara)

Load More