Arif Budi Setyanto
Rafael Struick debut bersama Timnas Indonesia vs Palestina. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Staf Tenaga Ahli Kemenpora untuk urusan Diaspora Indonesia, Hamdan Hamedan membagikan momen ketika ia membujuk Rafael Struick dan keluarganya agar sang pemain bersedia untuk membela skuad Garuda.

Rafael Struick kini sudah sah menjadi WNI. Bahkan di usianya yang masih belia, penyerang ADO den Haag langsung mendapatkan kesempatan debut di timnas Indonesia.

Pemain keturunan Semarang ini menjadi starter ketika laga timnas Indonesia vs Palestina di FIFA Matchday, Rabu (14/6/2023). Ia dipercaya sebagai starter oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Ditanya tentang Target jelang Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Shin Tae-yong Akui Bingung

Kepercayaan itu tidak disia-siakan pemain berusia 20 tahun ini. Meski bermain hanya 45 menit di babak pertama, debut Rafael impresif hingga mendapatkan pujian selangit dari pecinta sepak bola tanah air.

Pasalnya kehadirannya di lini depan bikin takjub para pecinta sepak bola. Ia tampil ngotot, berani membawa bola, hingga memberikan umpan akurat.

Debut Rafael Struick ini lantas mendapatkan apresiasi dari eks utusan PSSI yang kini jadi staf tenaga ahli Kemenpora, Hamdan Hamedan. VIa Instagram Storiesnya ia mengenang momen awal saat membujuk sang pemain untuk dinaturalisasi.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Setelah Dibujuk Erick Thohir, Argentina FA Resmi Datangkan Lionel Messi ke Indonesia

"Meeting perdana dengan Rafael Struick dan keluarga pada 15 November (2022) dini hari untuk meyakinkan dia membela timnas U-20," tulis Hamdan Hamedan yang menyertakan potret meeting daring tersebut.

Momen awal Rafael Struick dibujuk bela timnas Indonesia. (Instagram/hamdan.hamedan)

"7 bulan kemudian dia debut di timnas senior. Unbelievable. Sangat bangga. Selamat, Rafael," tukas Hamdan.

Adapun pertandingan timnas Indonesia vs Palestina sendiri berakhir dengan skor 0-0. Skuad Garuda sejatinya punya banyak peluang, tapi penyelesaian akhir para pemain masih belum menemui sasaran.

Baca Juga:
Viral Ucapan Ratu Tisha soal Timnas Indonesia Lawan Jepang dan Argentina yang Kini Jadi Kenyataan, Netizen: Dukun Nih

Setelah ini, timnas Indonesia tidak bisa bersantai-santai. Skuad Garuda akan fokus lagi untuk menghadapi Argentina pada 19 Juni mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Load More