Rauhanda Riyantama
Pratama Arhan unjuk gigi skill lemparan maut bersama Tokyo Verdy (Twitter/TokyoVerdySTAFF)

Bolatimes.com - Berikut daftar tim yang pernah jadi korban lemparan ke dalam jarak jauh penggawa Timnas Indonesia, Pratama Arhan, dalam selama membela klub maupun tim nasional.

Pratama Arhan menjadi salah satu bintang muda Timnas Indonesia yang namanya melejit sejak kedatangan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Pemain berusia 21 tahun ini dipercaya mengisi pos bek kiri Timnas Indonesia sejak berhasil menjadi pemain muda terbaik di ajang Piala Menpora 2021 bersama PSIS Semarang.

Baca Juga:
Menang Tipis Lawan Italia, Uruguay Juara Piala Dunia U-20 2023

Sejak saat itu, posisinya tak tergantikan di ajang-ajang yang diikuti oleh Timnas Indonesia, baik ajang resmi maupun ajang persahabatan.

Sebagai bek kiri atau Fullback, penggawa Tokyo Verdy ini punya kemampuan terbilang spesial, yakni lemparan ke dalam jarak jauh.

Kemampuan ini pun menjadi senjata andalan bagi tim-timnya, terutama untuk mencetak gol dari situasi lemparan ke dalam di pertahanan lawan.

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023: Israel Rebut Posisi Tiga usai Kalahkan Korea Selatan

Dalam beberapa waktu terakhir, Pratama Arhan telah mempraktikkan kemampuan ini di berbagai pertandingan di level klub dan tim nasional.

Tercatat, ada lima tim yang pernah jadi korban lemparan ke dalam jarak jauh Pratama Arhan. Klub mana saja yang jadi korbannya itu?

1. Timor Leste

Baca Juga:
Tragis, Momen Wasit Dianiyaya Oknum Suporter saat Pimpin Laga Tarkam

Pada awal tahun 2022 lalu, Pratama Arhan menunjukkan kemampuannya ini kala Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste pada ajang bertajuk FIFA Matchday 2022.

Di laga tersebut, Pratama Arhan melepaskan lemparan ke dalam jarak jauh yang berbuah assist bagi gol tandukan Fachruddin Aryanto, yang membuat Timnas Indonesia menang 4-1.

2. Filipina

Baca Juga:
Gandeng Pemkot Surabaya, PSSI Hadirkan Timnas Indonesia dan Palestina jelang Laga FIFA Matchday Juni 2023

Filipina pun sempat menjadi korban keganasan lemparan ke dalam jarak jauh Pratama Arhan saat bersua Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Di ajang tersebut, Pratama Arhan mampu memberikan assist lewat lemparannya itu untuk gol Dendy Sulistyawan yang berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Timnas Indonesia.

3. Curacao

Tim kuat sekelas Curacao juga pernah dibuat terkecoh dengan aksi Pratama Arhan dalam melepaskan lemparan ke dalam pada FIFA Matchday September 2022.

Pada laga yang dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 2-1 itu, Pratama Arhan mencetak dua assist, di mana satu assistnya berasal dari lemparan ke dalam yang ditanduk Fachruddin Aryanto.

4. Vietnam

Vietnam juga pernah menjadi korban lemparan ke dalam Pratama Arhan, yakni kala berhadapan dengan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Pratama Arhan mampu melepaskan lemparan ke dalam yang berbuah gol bagi Timnas Indonesia U-22, yang kala itu dicetak oleh Komang Teguh.

5. Thespakusatsu Gunma

Thespakusatsu Gunma menjadi korban terbaru lemparan ke dalam Pratama Arhan, saat dirinya membela Tokyo Verdy di ajang Emperor Cup 2023.

Pada laga tersebut, lemparan ke dalam Pratama Arhan membuat Thespakusatsu Gunma melakukan gol bunuh diri dan membuat Tokyo Verdy menang dengan skor 2-1.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More