Husna Rahmayunita
Klub Liga Amerika Serikat, Inter Miami. (Instagram/@intermiamicf)

Bolatimes.com - Bintang Timnas Argentina, Lionel Messi telah memutuskan untuk bergabung ke Inter Miami. Menariknya, klub Amerika Serikat itu rankingnya di bawah klub Liga Indonesia.

Ada dua klub legendaris Indonesia yang menduduki ranking tinggi. Peringkatnya ternyata berada jauh di atas Inter Miami. Data pemeringkatan ini merujuk pada laman Footballdatabase.com.

Berdasarkan laman tersebut, saat ini Inter Miami CF memang berada di ranking 1545 dunia dengan koleksi 1292 poin. Secara peringkat nasional, mereka memang hanya berada di urutan ke-22.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Dapat Kabar Baik Jelang Duel Lawan Palestina dan Argentina

Meskipun demikian, tak diketahui secara pasti variabel apa saja yang digunakan laman FootballDatabase.com dalam menentukan perolehan poin klub-klub sepak bola di dunia ini.

Yang jelas, ada dua klub asal Indonesia yang peringkatnya jauh berada di atas Inter Miami. Dua klub ini memang cukup legendaris karena punya rekam jejak yang impresif, baik dari segi prestasi maupun sejarah.

Berikut Bolatimes.com menyajikan dua klub Indonesia yang peringkatnya berada di atas Inter Miami, klub baru yang diperkuat Lionel Messi.

Baca Juga:
Kondisi Terkini Sandy Walsh usai Cedera, Bisa Debut Bersama Timnas Indonesia?

1. Persib Bandung

Persib Bandung menjadi klub sepak bola asal Indonesia yang berada dalam urutan tertinggi dalam data yang disajikan oleh laman FootballDatabase.com. Saat ini, Persib berada di urutan ke-785 dunia.

Ranking-nya di kawasan Asia juga cukup tinggi. Tim berjulukan Pangeran Biru ini duduk di peringkat ke-70 dengan total poin sebanyak 1378. Persib hanya berjarak beberapa poin saja dari klub Arab Saudi, Al Fateh, dan klub Australia, Sydney FC.

Baca Juga:
Eks Exco PSSI Sebut Shayne Pattynama Terbang ke Indonesia, Siap Tanding Lawan Palestina?

Catatan ini sebetulnya mengalami penurunan yang cukup drastis. Sebab, dalam laman yang sama, Persib Bandung sempat duduk di ranking 649 dunia pada periode Februari 2023 lalu. Ini menjadi urutan terbaik Persib selama beberapa tahun terakhir.

2. Persija Jakarta

Menariknya, satu strip di bawah Persib Bandung diduduki oleh sang rival abadi, Persija Jakarta. Tim asal Ibu Kota ini berada tepat satu level di bawah Persib karena posisinya di ranking ke-786 dunia.

Baca Juga:
Kisah Elias Dolah, Kena Karma Cedera karena Langgar Rachmat Irianto di Final Piala AFF 2020

Tak jauh berbeda dengan Persib, Macan Kemayoran berada di level 71 Asia. Hal ini juga membuat mereka sebagai tim dengan urutan tertinggi kedua Indonesia setelah Maung Bandung.

Sebetulnya, ini bukan catatan tertinggi yang pernah diduduki Persija Jakarta. Pasalnya, pada periode Mei 2019, mereka pernah berada di peringkat ke-668 dengan koleksi poin sebanyak 1395.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More