Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Jay Idzes membela Timnas Indonesia. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola tak lama ini mengunggah sebuah video yang menyebarkan narasi tentang bergabungnya Jay Idzes sebagai pemain Timnas Indonesia setelah mendapat KTP gratis dari PSSI.

Narasi yang sumbernya tak jelas itu menyebut bahwa pemain keturunan Indonesia-Belanda, Jay Idzes, sudah sah membela Timnas Indonesia. Hal itu disampaikan kanal YouTube Kreator Bola melalui judul video unggahannya tersebut.

“Ambyar Tingginya 208 Cm! Pemain Keturunan Sah Bela Timnas – PSSI Beri KTP Gratis,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube dalam video yang diunggah pada Rabu (7/6/2023).

Baca Juga:
Dukung Timnas Indonesia, Jesse Lingard Bagikan Saran untuk Hadapi Argentina

Lantas, benarkah Jay Idzes mendapatkan KTP secara gratis dari PSSI agar bisa memperkuat Timnas Indonesia? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Video yang berdurasi sekitar 3:07 menit itu ternyata membahas sosok pemain bernama Jay Idzes. Sebagai informasi, tinggi badan pemain berusia 23 tahun ini ialah 190 cm. Artinya, klaim Kreator Bola yang menyebut 208 cm tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Baca Juga:
Bangga! Gara-gara Elkan Baggott, Nama Indonesia Disebut-sebut Komentator Liga Inggris

Dalam videonya itu, narator menyebutkan bahwa Jay Idzes saat ini tengah menjalani proses administratif agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Dia disebut-sebut sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan..

“Bahkan saat ini ditanya soal beberapa media asing bahwa ada satu pemain asing yang menjadi incaran dari PSSI dan ternyata pemain ini akan segera menjadi bagian dari Indonesia,” bunyi narator dalam video tersebut.

“Karena saat ini sedang diam-diam mengurus dokumen untuk bisa menjadi WNI. Ya, dia adalah sosok Jay Idzes. Diketahui pemain 23 tahun ini ingin segera membela Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga:
Belum Terbiasa, Rafael Struick Akui Kepanasan selama TC Timnas Indonesia di Surabaya

Klaim semacam ini memang tak dapat dibuktikan kebenarannya. Pasalnya, PSSI belum merilis sosok nama-nama pemain yang akan kembali dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia.

Selain itu, klaim yang menyebut bahwa PSSI memberikan KTP secara gratis kepada Jay Idzes juga diragukan. Pasalnya, setiap pemain keturunan harus melewati proses yang panjang untuk bisa menjadi WNI.

Hal tersebut dapat dilihat dari panjangnya jalur yang ditempuh pemain-pemain seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Jordi Amat, hingga Shayne Pattynama yang membutuhkan waktu selama berbulan-bulan.

Baca Juga:
Sambangi Eintracht Frankfurt, Erick Thohir Dapat Penjelasan Mengejutkan soal Cara Latihan Pemain Usia 9-13 Tahun

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang disebutkan kanal YouTube Kreator Bola soal beberapa hal, termasuk tinggi badan Jay Idzes dan proses naturalisasinya, tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Pasalnya, klaim itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Selain itu, judul yang dipilih juga tak memiliki kesesuaian dengan isi konten. Dengan kata lain, ini termasuk kategori false connection atau koneksi yang salah.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More