Husna Rahmayunita
Laga PSM Makassar vs Dewa United di lanjutan BRI Liga 1, Rabu (1/3/2023). (Instagram/@psm_makassar)

Bolatimes.com - Berikut lima klub Liga 1 yang telah memenuhi kuota pemain asingnya, seiring adanya aturan baru terkait kuota pemain asing dari PSSI.

Sebagaimana diketahui, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia menghadirkan aturan baru terkait kuota pemain asing di kompetisi Liga 1.

Aturan baru tersebut berupa penambahan kuota pemain asing, di mana PSSI memperbolehkan klub memiliki 5+1 pemain asing di timnya.

Baca Juga:
Ikut TC Timnas Indonesia, Rafael Struick Ungkap Satu Kendala yang Dihadapinya

Aturan 5+1 itu pun terdiri dari lima pemain asing dari negara atau wilayah manapun, dan satu pemain asing dari zona Asia Tenggara atau ASEAN.

Meski adanya aturan 5+1 ini, nantinya hanya ada lima pemain asing saja yang boleh diturunkan saat tim-tim Liga 1 bertanding.

Sejak aturan baru ini dikeluarkan, klub-klub Liga 1 pun telah melakukan manuvernya dengan mendatangkan pemain-pemain asing baru, terutama dari ASEAN.

Baca Juga:
Kisah Dua GOAT Putuskan Berkarier di Luar Eropa, Lionel Messi Pilih Hijrah ke Liga Amerika

Dari 18 tim peserta Liga 1, tercatat baru lima tim saja yang baru melengkapi kuota pemain asingnya berdasarkan aturan terbaru dari PSSI ini.

Tim Liga 1 mana saja yang sudah menuntaskan transfer pemain asingnya itu? Berikut daftarnya.

1. PSM Makassar

Baca Juga:
Akun FIFA Soroti Latihan Timnas Indonesia Jelang Lawan Argentina, Pajang Wajah Serius Marselino Ferdinan

Kampiun Liga 1 musim 2022-2023, PSM Makassar, tak butuh waktu lama untuk melengkapi kuota pemain asingnya untuk musim depan.

Selain mempertahankan empat pemain asingnya, yakni Yuran Fernandes, Wiljan Pluim, Everton, dan Kenzo Nambu, PSM juga mendatangkan dua pemain asing lainnya pada diri Adilson Silva dan Kike Linares (Filipina).

2. PSS Sleman

Baca Juga:
Gadis Kamboja yang Viral Gegara Marselino Ferdinan Dukung Timnas Indonesia di ASEAN Para Games 2023

PSS Sleman bisa dikatakan sebagai tim yang paling cepat memenuhi kuota pemain asingnya, dengan mendatangkan lima pemain asing baru dan mempertahankan satu penggawa lama.

Usai mempertahankan Yevhen Bokhashvili, PSS mendatangkan Anthony Pintus (Filipina), Thales Matos, Jihad Ayoub, Jonathan Bustos, dan Kei Sano.

3. Persik Kediri

Persik Kediri juga tak mau kalah dalam merampungkan transfer pemain asing barunya dengan mendatangkan dua pemain baru.

Dua pemain itu adalah Simen Lyngbo (Filipina) dan Pedro Paulo, yang akan melengkapi empat pemain asing lainnya seperti Rohit Chand, Renan Silva, Flavio Silva, dan Anderson.

4. Persita Tangerang

Persita Tangerang juga sudah melengkapi kuota pemain asingnya sesuai dengan aturan baru dari PSSI tersebut, dengan mendatangkan tiga pemain baru.

Dua pemain itu adalah Christian Rontini (Filipina) dan Mateo Bustos, yang melengkapi empat pemain asing lama yakni Javlon Guseynov, Sin Young Bae, Ezequiel Vidal, dan Ramiro Fergonzi.

5. Borneo FC

Borneo FC pun juga tak butuh waktu lama untuk mendatangkan pemain asing baru, pasca melego beberapa pemain asingnya di akhir musim 2022-2023.

Borneo FC saat ini telah memiliki enam pemain asing pada sosok Leo Lelis, Kei Hirose, Matheus Pato, Jelle Gosselink, Silverio Junio, dan Win Naing Tun (Myanmar).

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More