Rauhanda Riyantama
Elias Dolah gabung Bali United. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Thailand yang pernah berkarier di Liga Indonesia, di mana nama Elias Dolah menjadi pemain teranyar yang merumput di Tanah Air.

Elias Dolah menjadi buah bibir setelah dirinya bergabung salah satu klub Liga 1, yakni Bali United, untuk musim 2023-2024 mendatang.

Bek berusia 30 tahun ini resmi diperkenalkan oleh tim berjuluk Laskar Serdadu Tridatu itu saat laga Kualifikasi Playoff Liga Champions Asia kontra PSM Makassar, Selasa (6/6).

Baca Juga:
Unik, Ada 2 Pemain Israel yang akan Bela Palestina Hadapi Timnas Indonesia

“Halo Semeton, Saya Elias Dolah baru tiba di Bali. Saya sangat senang bisa bermain di Bali United dan bertemu kalian semua. Saya tidak sabar untuk memulai debut. Sampai jumpa,” ungkap Elias Dolah dikutip dari laman resmi klub, Rabu (7/6).

Meski telah diperkenalkan, Elias Dolah belum sepenuhnya resmi menjadi milik Bali United, seiring adanya tahapan tes medis yang akan dijalani.

Namun perkenalan yang dilakukan Elias Dolah di Stadion I Wayan Dipta tersebut seakan menjadi tanda bahwa dirinya akan jadi penggawa baru Bali United.

Baca Juga:
Lemparan Jarak Jauhnya Berhasil Kunci Kemenangan, Tokyo Verdy: Pratama Arhan Pahlawan!

Bergabungnya Elias Dolah dengan Bali United pun menambah panjang daftar pemain Thailand yang pernah berkarier di Liga Indonesia. Siapa saja para pemain tersebut?

1. Pipat Thonkanya

Pipat Thonkanya menjadi salah satu pemain asal Thailand yang pernah berkarier di Indonesia, saat dirinya bergabung Persisam Putra Samarinda.

Baca Juga:
Gokil, Lemparan ke Dalam Jarak Jauh Pratama Arhan Bantu Tokyo Verdy Petik Kemenangan

Ia bergabung Persisam untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL) pada musim 2009-2010. Total 30 pertandingan ia mainkan dengan catatan 10 gol.

2. Sinthaweechai Hathairattanakool

Tak hanya bek, gelandang, ataupun penyerang, Thailand juga memiliki kiper yang pernah berkiprah di Indonesia, yakni Sinthaweechai Hathairattanakool.

Baca Juga:
Tampil Starter, Pratama Arhan Bantu Tokyo Verdy Menang Berkat Senjata Lemparan Jauhnya

Sinthaweechai sendiri pernah bermain di Indonesia bersama Persib Bandung sebanyak dua kali, yakni pada 2006 dan 2009. Ia pun menjadi andalan Timnas Thailand di level internasional.

3. Suchao Nuchnum

Persib Bandung juga memiliki penggawa Timnas Thailand lainnya pada 2009 lalu saat dibela oleh Suchao Nuchnum yang berstatus pemain pinjaman dari TOT FC.

Kariernya bersama Persib pun berjalan dalam waktu singkat saja. Total 17 penampilan dibuatnya untuk Maung Bandung dengan sumbangan tiga gol.

4. Pradith Taweechai

Pradith Taweechai bisa dikatakan sebagai gerbong pemain Thailand pertama yang bermain di Indonesia, yakni pada 2005 bersama Persib Bandung.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini pun membela Persib sebanyak 68 pertandingan di berbagai ajang, sebelum hengkang ke Tampines Rovers.

5. Phaitoon Tiabma

Persijap Jepara sempat bermain di kasta teratas Indonesia dan pernah mendatangkan pemain Thailand pada diri Phaitoon Tiabma.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini membela Persijap pada musim 2009-2010 dan mencatatkan 55 penampilan bagi tim berjuluk Laskar Kalinyamat itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More